Metode Penelitian dalam Pembelajaran Jarak Jauh: Pengalaman Siswa PGSD
Pembelajaran jarak jauh telah menjadi metode pengajaran yang semakin populer, terutama dalam konteks pandemi COVID-19. Sebagai mahasiswa Program Gelar Sarjana (PGSD), saya, Nur Cahyanto Dwi Putra, telah mengalami pembelajaran jarak jauh dalam mata kuliah Metode Penelitian (IDIK4007) di Universitas Terbuka. Dalam laporan ini, saya akan membahas pengalaman saya dan memberikan wawasan tentang metode penelitian yang digunakan dalam pembelajaran jarak jauh. Pembelajaran jarak jauh menuntut fleksibilitas dan keterampilan adaptasi yang tinggi. Salah satu tantangan utama adalah mengelola waktu dan menjaga motivasi. Untuk mengatasi hal ini, saya memanfaatkan teknologi digital seperti platform e-learning dan aplikasi manajemen waktu. Selain itu, komunikasi yang efektif dengan dosen dan teman sekelas sangat penting untuk mendapatkan dukungan dan bantuan. Metode penelitian yang digunakan dalam pembelajaran jarak jauh melibatkan berbagai teknik, termasuk survei, wawancara, dan studi kasus. Teknik-teknik ini memungkinkan pengumpulan data yang kaya dan mendalam, meskipun dilakukan secara virtual. Saya menemukan bahwa pendekatan kualitatif sangat efektif dalam konteks ini, karena memungkinkan eksplorasi mendalam tentang pengalaman dan pandangan siswa. Selain itu, pembelajaran jarak jauh juga menawarkan peluang untuk pengembangan keterampilan mandiri dan teknis. Saya belajar menggunakan berbagai alat digital, seperti video konferensi dan perangkat lunak kolaboratif, yang memperluas cakupan pembelajaran. Pengalaman ini tidak hanya memperdalam pemahaman saya tentang metode penelitian, tetapi juga meningkatkan keterampilan teknis dan komunikasi saya. Secara keseluruhan, pembelajaran jarak jauh adalah pengalaman yang menantang namun berharga. Meskipun ada tantangan, saya merasa lebih siap dan percaya diri dalam menghadapi tantangan di dunia pendidikan. Pengalaman ini juga mengajarkan saya pentingnya ketahanan, kreativitas, dan kolaborasi dalam mencapai tujuan akademik.