Alternatif Cara Merumuskan Tujuan Pembelajaran

essays-star 4 (281 suara)

Pendahuluan: Dalam dunia pendidikan, merumuskan tujuan pembelajaran adalah langkah penting dalam perencanaan pembelajaran. Tujuan pembelajaran yang jelas dan terukur membantu guru dan siswa dalam memahami apa yang harus dicapai dalam proses pembelajaran. Namun, seringkali merumuskan tujuan pembelajaran dapat menjadi tugas yang menantang bagi guru. Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan beberapa alternatif cara merumuskan tujuan pembelajaran yang dapat membantu guru dalam merencanakan pembelajaran yang efektif. 1. Menggunakan Verba Aksi: Salah satu cara yang efektif untuk merumuskan tujuan pembelajaran adalah dengan menggunakan verba aksi. Verba aksi memberikan arah yang jelas tentang apa yang harus dicapai oleh siswa. Misalnya, daripada merumuskan tujuan pembelajaran sebagai "Siswa akan memahami konsep matematika", lebih baik merumuskan tujuan sebagai "Siswa akan mampu mengaplikasikan konsep matematika dalam situasi nyata". Dengan menggunakan verba aksi, tujuan pembelajaran menjadi lebih spesifik dan terukur. 2. Menggunakan Kerangka Bloom: Kerangka Bloom adalah kerangka kerja yang digunakan untuk menggolongkan tujuan pembelajaran berdasarkan tingkat kompleksitas kognitif. Kerangka Bloom terdiri dari enam tingkat, yaitu pengetahuan, pemahaman, aplikasi, analisis, sintesis, dan evaluasi. Dengan menggunakan kerangka Bloom, guru dapat merumuskan tujuan pembelajaran yang sesuai dengan tingkat pemahaman siswa. Misalnya, jika tujuan pembelajaran adalah untuk siswa dapat menganalisis sebuah masalah, maka tujuan tersebut akan dirumuskan dengan menggunakan verba aksi yang sesuai dengan tingkat analisis dalam kerangka Bloom. 3. Menggunakan Format SMART: Format SMART adalah singkatan dari Specific (Spesifik), Measurable (Terukur), Achievable (Dapat Dicapai), Relevant (Relevan), dan Time-bound (Terbatas Waktu). Dengan menggunakan format SMART, guru dapat merumuskan tujuan pembelajaran yang jelas dan terukur. Misalnya, tujuan pembelajaran dapat dirumuskan sebagai "Siswa akan mampu menyelesaikan 10 soal matematika dalam waktu 30 menit dengan tingkat keakuratan minimal 80%". Dengan menggunakan format SMART, tujuan pembelajaran menjadi lebih fokus dan dapat diukur. Kesimpulan: Merumuskan tujuan pembelajaran yang jelas dan terukur adalah langkah penting dalam perencanaan pembelajaran. Dalam artikel ini, kami telah menjelaskan beberapa alternatif cara merumuskan tujuan pembelajaran yang dapat membantu guru dalam merencanakan pembelajaran yang efektif. Dengan menggunakan verba aksi, kerangka Bloom, dan format SMART, guru dapat merumuskan tujuan pembelajaran yang spesifik, terukur, dan relevan dengan tingkat pemahaman siswa.