Uji Perbedaan Kemampuan Mengungkapkan Gagasan Siswa dalam Bentuk Lisan dan Tertulis
Dalam artikel ini, kita akan membahas tentang uji perbedaan dua sampel kecil yang saling berhubungan dalam konteks kemampuan siswa dalam mengungkapkan gagasan secara lisan dan tertulis. Data yang akan kita gunakan adalah skor kemampuan siswa dalam mengungkapkan gagasan secara lisan dan tertulis. Data yang diberikan adalah sebagai berikut: No | Lisan | Tertulis | xy | D2 ---|-------|----------|----|---- 1 | 80 | 75 | | 2 | 78 | 75 | | 3 | 75 | 76 | | 4 | 73 | 70 | | 5 | 70 | 75 | | 6 | 70 | 70 | | 7 | 70 | 65 | | 8 | 68 | 72 | | 9 | 68 | 65 | | 10 | 65 | 68 | | 11 | 65 | 63 | | 12 | 65 | 60 | | 13 | 62 | 65 | | 14 | 60 | 58 | | 15 | 60 | 54 | | Dalam analisis ini, kita akan menggunakan rumus yang telah ditentukan untuk menghitung perbedaan antara skor lisan dan tertulis (xy) serta kuadrat dari perbedaan tersebut (D2).