Studi Kasus: Penerapan Skor Downes dalam Meningkatkan Kinerja Mahasiswa
Studi kasus ini menyelidiki efektivitas penerapan Skor Downes, sebuah metode penilaian formatif online, dalam meningkatkan kinerja mahasiswa. Skor Downes, yang dikembangkan oleh Colin Downes, mendorong keterlibatan aktif mahasiswa dengan materi pelajaran melalui serangkaian aktivitas online singkat dan bernilai rendah.
Metode ini bertujuan untuk mengatasi kekurangan partisipasi dan keterlambatan pengumpulan tugas dalam penilaian tradisional, yang seringkali tidak mencerminkan pemahaman mahasiswa secara akurat. Studi kasus ini berfokus pada implementasi Skor Downes dalam mata kuliah "Pengantar Psikologi" di sebuah universitas negeri di Indonesia.
Metodologi Penelitian
Penelitian ini melibatkan 120 mahasiswa yang dibagi secara acak menjadi dua kelompok: kelompok kontrol (60 mahasiswa) dan kelompok eksperimen (60 mahasiswa). Kelompok kontrol menerima metode penilaian tradisional, termasuk ujian tengah semester, ujian akhir semester, dan tugas individu. Kelompok eksperimen, selain metode penilaian tradisional, juga diberikan serangkaian aktivitas Skor Downes yang harus diselesaikan secara online melalui platform pembelajaran.
Aktivitas Skor Downes mencakup kuis pilihan ganda, pertanyaan esai singkat, dan forum diskusi yang dirancang untuk menguji pemahaman mahasiswa tentang materi kuliah mingguan. Partisipasi aktif dalam aktivitas Skor Downes berkontribusi sebesar 20% terhadap nilai akhir mahasiswa di kelompok eksperimen.
Hasil dan Pembahasan
Setelah satu semester, kinerja akademik kedua kelompok diukur dan dibandingkan. Hasilnya menunjukkan bahwa kelompok eksperimen, yang menerapkan Skor Downes, menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam nilai akhir mereka dibandingkan dengan kelompok kontrol.
Rata-rata nilai akhir kelompok eksperimen lebih tinggi secara signifikan (p < 0.05) dibandingkan dengan kelompok kontrol. Selain itu, mahasiswa di kelompok eksperimen menunjukkan tingkat partisipasi yang lebih tinggi dalam diskusi kelas dan menunjukkan pemahaman yang lebih dalam tentang materi pelajaran selama sesi tanya jawab.
Temuan ini menunjukkan bahwa Skor Downes secara efektif memotivasi mahasiswa untuk terlibat aktif dengan materi pelajaran, yang pada gilirannya meningkatkan kinerja akademik mereka. Umpan balik yang berkelanjutan dan tepat waktu yang diberikan melalui Skor Downes memungkinkan mahasiswa untuk mengidentifikasi kesalahpahaman mereka dan memperbaikinya secara tepat waktu.
Dampak Skor Downes pada Motivasi dan Keterlibatan Mahasiswa
Selain peningkatan nilai, penerapan Skor Downes juga berdampak positif pada motivasi dan keterlibatan mahasiswa. Mahasiswa di kelompok eksperimen melaporkan bahwa mereka merasa lebih termotivasi untuk belajar secara teratur dan berpartisipasi aktif dalam diskusi kelas.
Sifat Skor Downes yang bernilai rendah mengurangi tekanan untuk mendapatkan nilai sempurna, memungkinkan mahasiswa untuk belajar dari kesalahan mereka dan secara bertahap meningkatkan pemahaman mereka. Selain itu, fleksibilitas yang ditawarkan oleh platform pembelajaran online memungkinkan mahasiswa untuk belajar dengan kecepatan mereka sendiri dan mengakses materi kapan saja dan di mana saja.
Kesimpulan
Studi kasus ini memberikan bukti empiris tentang efektivitas Skor Downes dalam meningkatkan kinerja mahasiswa. Penerapan metode penilaian formatif online ini mendorong keterlibatan aktif, memberikan umpan balik yang tepat waktu, dan meningkatkan motivasi mahasiswa.
Temuan ini memiliki implikasi penting bagi para pendidik yang ingin meningkatkan pengalaman belajar mahasiswa dan mendorong pembelajaran yang lebih efektif. Dengan mengintegrasikan Skor Downes ke dalam strategi penilaian mereka, para pendidik dapat menciptakan lingkungan belajar yang lebih menarik dan interaktif yang memberdayakan mahasiswa untuk mencapai potensi penuh mereka.