Laku Murid Gotong Royong dalam Sosio-Kultural Dewantar

essays-star 4 (207 suara)

Pendahuluan: Laku murid yang sesuai dengan sosio-kultural Dewantara adalah gotong royong. Gotong royong adalah nilai yang sangat penting dalam budaya Indonesia dan merupakan bagian integral dari kehidupan sehari-hari masyarakat. Bagian: ① Bagian pertama: Pentingnya gotong royong dalam kehidupan sehari-hari. Gotong royong membantu membangun hubungan sosial yang kuat dan saling mendukung antara murid. ② Bagian kedua: Contoh konkret laku murid gotong royong dalam kegiatan sekolah. Misalnya, murid membantu membersihkan lingkungan sekolah, membantu teman yang kesulitan dalam belajar, dan berbagi pengetahuan dengan murid lain. ③ Bagian ketiga: Dampak positif dari laku murid gotong royong. Gotong royong membantu memperkuat rasa persatuan dan kebersamaan di antara murid, serta membantu menciptakan lingkungan belajar yang positif dan harmonis. Kesimpulan: Laku murid gotong royong dalam sosio-kultural Dewantara adalah nilai yang penting dan harus diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Melalui gotong royong, murid dapat membangun hubungan sosial yang kuat, membantu satu sama lain, dan menciptakan lingkungan belajar yang positif.