Penerapan Metode Pembelajaran Gaya Gerak dalam Kelas

essays-star 4 (249 suara)

Pada hari ini, kelas Bu Arin akan mempelajari tema subtema gaya gerak. Siswa telah menyiapkan alat dan bahan yang diperlukan untuk percobaan mengenai gaya. Meskipun siswa telah membentuk kelompok sendiri, Bu Arin tidak terlalu mempersoalkan pembagian kelompok yang dilakukan siswa. Ia langsung menyuruh siswa untuk menyiapkan alat dan bahan percobaan, memulai dengan menjatuhkan beberapa benda seperti kertas, batu, buku, balpoin, dan mencatat hasil percobaan dalam buku catatan. Selama percobaan, Bu Arin berkeliling ke setiap kelompok untuk membimbing siswa yang mengalami kesulitan. Setelah semua siswa selesai mencatat hasil pengamatannya, Bu Arin memberikan pertanyaan tentang mengapa benda selalu jatuh ke bawah dan mengapa setiap benda memiliki kecepatan yang berbeda saat jatuh. Sebagian besar siswa mencari informasi pendukung untuk menjawab pertanyaan Bu Arin. Dalam konteks ini, metode pembelajaran gaya gerak yang diterapkan oleh Bu Arin sangat relevan dengan kebutuhan siswa untuk memahami konsep gaya. Dengan memberikan kesempatan kepada siswa untuk melakukan percobaan, mencatat hasil, dan mencari jawaban atas pertanyaan-pertanyaan yang diajukan, Bu Arin mendorong siswa untuk aktif dalam proses belajar. Hal ini juga membantu siswa untuk memahami konsep fisika secara lebih mendalam melalui pengalaman langsung dan diskusi bersama teman sekelompoknya.