** Evaluasi Kelas Teaching Factory di SMK Negeri: Keberhasilan dan Perbaikan **

essays-star 4 (327 suara)

Pendahuluan: Menggali keberhasilan kelas teaching factory (tefa) di SMK negeri serta tantangan yang perlu diperhatikan untuk pengembangan lebih lanjut. Bagian:Keberhasilan Tim Kerja: Tim kerja terbangun solid, meningkatkan kolaborasi antar siswa dan guru dalam proses pembelajaran praktis. ② Peningkatan Omzet Tahunan: Omzet meningkat setiap tahun menunjukkan efektivitas model tefa dalam menghasilkan produk berkualitas tinggi. ③ Penggunaan Keuntungan untuk Sarana Pembelajaran: Sebagian keuntungan dialokasikan untuk melengkapi sarana belajar mengajar, mendukung kualitas pendidikan yang lebih baik. ④ Pengelolaan Keuangan Transparan: Dikendalikan oleh kepala sekolah dengan laporan tahunan memastikan akuntabilitas keuangan bagi semua pihak terkait. ⑤ Rencana Badan Layanan Umum Daerah (BLUD): Usulan BLUD dapat memperkuat dukungan finansial dan operasional terhadap program tefa agar semakin berkembang. Kesimpulan:** Meskipun banyak aspek positif dari pelaksanaan tefa, perhatian pada transparansi anggaran dan rencana jangka panjang sangat penting demi kelangsungan inovasi ini.