**Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Numerasi Siswa Sekolah Dasar** ##
Latar Belakang: Literasi numerasi merupakan kemampuan penting yang dibutuhkan siswa untuk memahami dan menggunakan matematika dalam kehidupan sehari-hari. Namun, hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan literasi numerasi siswa sekolah dasar di Indonesia masih rendah. Hal ini disebabkan oleh berbagai faktor, seperti metode pembelajaran yang kurang menarik, kurangnya keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran, dan kurangnya sumber belajar yang relevan. Rumusan Masalah: 1. Bagaimana mengembangkan model pembelajaran berbasis proyek untuk meningkatkan kemampuan literasi numerasi siswa sekolah dasar? 2. Bagaimana efektivitas model pembelajaran berbasis proyek terhadap kemampuan literasi numerasi siswa sekolah dasar? Tujuan Penelitian: 1. Mengembangkan model pembelajaran berbasis proyek untuk meningkatkan kemampuan literasi numerasi siswa sekolah dasar. 2. Menguji efektivitas model pembelajaran berbasis proyek terhadap kemampuan literasi numerasi siswa sekolah dasar. Metode Penelitian: Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Tahapan penelitian meliputi: 1. Analisis: Mengidentifikasi kebutuhan dan masalah terkait kemampuan literasi numerasi siswa sekolah dasar. 2. Desain: Merancang model pembelajaran berbasis proyek yang sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik siswa. 3. Development: Mengembangkan bahan ajar dan perangkat pembelajaran yang dibutuhkan dalam model pembelajaran berbasis proyek. 4. Implementation: Menerapkan model pembelajaran berbasis proyek di kelas eksperimen. 5. Evaluation: Mengevaluasi efektivitas model pembelajaran berbasis proyek terhadap kemampuan literasi numerasi siswa. Pentingnya Penelitian: Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam meningkatkan kemampuan literasi numerasi siswa sekolah dasar di Indonesia. Model pembelajaran berbasis proyek yang dikembangkan diharapkan dapat menjadi alternatif metode pembelajaran yang lebih menarik dan efektif dalam meningkatkan kemampuan literasi numerasi siswa. Kesimpulan: Penelitian ini akan menghasilkan model pembelajaran berbasis proyek yang efektif untuk meningkatkan kemampuan literasi numerasi siswa sekolah dasar. Model ini diharapkan dapat menjadi solusi untuk mengatasi permasalahan rendahnya kemampuan literasi numerasi siswa di Indonesia.