Pentingnya Citra Positif dalam Membangun Eksistensi Lembaga Sekolah
Citra positif merupakan hal terpenting yang harus dimiliki oleh suatu lembaga, termasuk lembaga sekolah. Citra positif ini sangat berkaitan dengan eksistensi suatu lembaga, karena penilaian yang positif akan memengaruhi kepercayaan masyarakat terhadap sekolah tersebut sebagai tempat yang baik untuk menyekolahkan anak-anak mereka. Keberadaan sekolah pada awalnya didasarkan pada pemahaman bahwa orangtua tidak mampu mendidik anak-anak mereka secara sempurna dan lengkap. Oleh karena itu, mereka membutuhkan bantuan dari lembaga sekolah untuk membantu peran orangtua dalam mendidik anak-anak mereka. Seperti yang disampaikan oleh Pidarta (2007: 176), sekolah merupakan lembaga yang hidup bersama-sama dengan warga masyarakat. Masyarakat membutuhkan sekolah agar para siswa dapat dibina dengan baik, dan sebaliknya, sekolah juga membutuhkan dukungan dari masyarakat untuk kelancaran proses belajar mengajar. Dalam konteks ini, citra positif sangat penting dalam membangun eksistensi lembaga sekolah. Citra positif mencerminkan reputasi dan kualitas sekolah dalam mata masyarakat. Ketika sekolah memiliki citra positif, orangtua akan merasa yakin dan percaya bahwa sekolah tersebut dapat memberikan pendidikan yang baik dan berkualitas untuk anak-anak mereka. Hal ini akan meningkatkan minat orangtua untuk menyekolahkan anak-anak mereka di sekolah tersebut. Selain itu, citra positif juga dapat mempengaruhi persepsi masyarakat terhadap prestasi dan keberhasilan sekolah. Ketika sekolah memiliki citra positif, masyarakat akan cenderung melihat prestasi sekolah dengan lebih baik. Hal ini dapat membantu sekolah dalam memperoleh dukungan dan kerjasama dari masyarakat dalam berbagai hal, seperti pengembangan program pendidikan, pengadaan fasilitas, dan lain sebagainya. Untuk membangun citra positif, lembaga sekolah perlu melakukan berbagai upaya. Salah satunya adalah dengan memberikan pelayanan pendidikan yang berkualitas dan memenuhi harapan orangtua dan masyarakat. Selain itu, sekolah juga perlu menjaga komunikasi yang baik dengan orangtua dan masyarakat, serta melibatkan mereka dalam proses pengambilan keputusan dan pengembangan sekolah. Dalam buku "Manajemen Humas Pendidikan Islam: Teori dan Aplikasi" yang diterbitkan oleh penerbit deepublish, terdapat berbagai teori dan aplikasi yang dapat membantu lembaga sekolah dalam membangun citra positif. Buku ini tersedia dalam versi cetak dan dapat menjadi referensi yang berguna bagi para pengelola sekolah. Dalam kesimpulan, citra positif sangat penting dalam membangun eksistensi lembaga sekolah. Citra positif mencerminkan reputasi dan kualitas sekolah dalam mata masyarakat, dan dapat mempengaruhi kepercayaan dan minat orangtua untuk menyekolahkan anak-anak mereka di sekolah tersebut. Oleh karena itu, lembaga sekolah perlu melakukan upaya untuk membangun dan menjaga citra positif melalui pelayanan pendidikan yang berkualitas, komunikasi yang baik dengan orangtua dan masyarakat, serta melibatkan mereka dalam pengembangan sekolah.