Pendekatan Kuantitatif dalam Penelitian Pendidikan Matematika: Studi Kasus tentang Pengaruh Penggunaan Teknologi Terhadap Prestasi Belajar

essays-star 4 (354 suara)

Pendahuluan: Pendidikan matematika adalah salah satu bidang yang terus berkembang dan mengalami perubahan dalam beberapa tahun terakhir. Dalam upaya untuk meningkatkan prestasi belajar siswa, banyak penelitian telah dilakukan dengan menggunakan berbagai pendekatan. Salah satu pendekatan yang populer adalah pendekatan kuantitatif, yang melibatkan pengumpulan dan analisis data numerik untuk memahami hubungan antara variabel-variabel tertentu. Dalam artikel ini, kami akan membahas contoh penelitian dengan pendekatan kuantitatif dalam konteks pendidikan matematika. Rumusan Masalah: Dalam penelitian ini, rumusan masalah yang diajukan adalah: Apakah penggunaan teknologi dalam pembelajaran matematika memiliki pengaruh signifikan terhadap prestasi belajar siswa? Tujuan Penelitian: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi dan menganalisis pengaruh penggunaan teknologi dalam pembelajaran matematika terhadap prestasi belajar siswa. Metode Penelitian: Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian eksperimental. Sampel penelitian terdiri dari dua kelompok siswa, yaitu kelompok eksperimen yang menggunakan teknologi dalam pembelajaran matematika dan kelompok kontrol yang tidak menggunakan teknologi. Data dikumpulkan melalui tes prestasi belajar yang diberikan sebelum dan setelah perlakuan. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan metode statistik untuk menguji hipotesis penelitian. Kesimpulan: Dalam penelitian ini, kami menemukan bahwa penggunaan teknologi dalam pembelajaran matematika memiliki pengaruh signifikan terhadap prestasi belajar siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan teknologi dapat meningkatkan pemahaman dan keterampilan matematika siswa. Oleh karena itu, disarankan agar penggunaan teknologi dalam pembelajaran matematika diterapkan secara luas di sekolah-sekolah untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. Dengan demikian, penelitian ini memberikan bukti empiris yang kuat tentang manfaat penggunaan teknologi dalam pembelajaran matematika dan memberikan dasar yang kuat untuk pengembangan pendekatan pembelajaran yang lebih efektif di masa depan.