Analisis Frekuensi Kelas dalam Data Sisw

essays-star 4 (211 suara)

Dalam artikel ini, kami akan menganalisis frekuensi kelas dalam data siswa. Data yang diberikan mencakup rentang kelas dan jumlah siswa dalam setiap rentang tersebut. Kami akan menggunakan data ini untuk membuat histogram yang menggambarkan distribusi kelas siswa.

Dalam data yang diberikan, terdapat lima rentang kelas yang berbeda. Rentang pertama adalah 20-25, dengan jumlah siswa sebanyak 38 atau 15,2% dari total siswa. Rentang kedua adalah 26-31, dengan jumlah siswa sebanyak 83 atau 33,2% dari total siswa. Rentang ketiga adalah 32-37, dengan jumlah siswa sebanyak 20% dari total siswa. Rentang keempat adalah 38-43, dengan jumlah siswa sebanyak 31 atau 12,4% dari total siswa. Rentang kelima adalah 44-49, dengan jumlah siswa sebanyak 20.

Selanjutnya, terdapat dua rentang kelas yang memiliki jumlah siswa yang lebih rendah. Rentang keenam adalah 50-55, dengan jumlah siswa sebanyak 12 atau 4,8% dari total siswa. Rentang ketujuh adalah 56-61, dengan jumlah siswa sebanyak 8 atau 3,2% dari total siswa. Rentang kedelapan adalah 62-67, dengan jumlah siswa sebanyak 5 atau 2% dari total siswa. Rentang kesembilan adalah 68-73, dengan jumlah siswa sebanyak 3 atau 1,2% dari total siswa.

Dari data ini, kita dapat melihat bahwa rentang kelas dengan jumlah siswa terbanyak adalah 26-31, diikuti oleh rentang kelas 20-25 dan 38-43. Rentang kelas dengan jumlah siswa terendah adalah 68-73, 62-67, dan 56-61.

Dalam grafik histogram yang akan kita buat, sumbu x akan mewakili rentang kelas, sedangkan sumbu y akan mewakili jumlah siswa dalam rentang tersebut. Dengan menggunakan data yang diberikan, kita dapat membuat histogram yang jelas dan mudah dipahami.

Dalam kesimpulan, analisis frekuensi kelas dalam data siswa memberikan gambaran tentang distribusi siswa dalam rentang kelas yang berbeda. Dengan menggunakan histogram, kita dapat dengan mudah melihat rentang kelas dengan jumlah siswa terbanyak dan terendah. Analisis ini dapat memberikan wawasan yang berguna dalam memahami karakteristik siswa dalam kaitannya dengan rentang kelas.