Pengaruh Model Probing Prompting terhadap Hasil Belajar: Pendapat Para Ahli

essays-star 4 (199 suara)

Model Probing Prompting adalah salah satu metode pembelajaran yang telah terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Dalam artikel ini, kita akan melihat latar belakang tentang pengaruh model ini terhadap hasil belajar, serta pendapat para ahli dalam bidang pendidikan. Pentingnya model Probing Prompting dalam meningkatkan hasil belajar telah diakui oleh banyak ahli pendidikan. Menurut Dr. John Hattie, seorang profesor pendidikan terkenal, model ini dapat membantu siswa untuk lebih aktif terlibat dalam proses pembelajaran. Dengan menggunakan pertanyaan yang mendalam dan memprovokasi pemikiran, model ini dapat mendorong siswa untuk berpikir kritis dan mengembangkan pemahaman yang lebih mendalam tentang materi pelajaran. Selain itu, Dr. Robert Marzano, seorang ahli pendidikan yang juga mengkaji tentang model Probing Prompting, mengungkapkan bahwa model ini dapat membantu siswa untuk mengembangkan keterampilan berpikir tingkat tinggi. Dalam penelitiannya, Marzano menemukan bahwa siswa yang terlibat dalam model Probing Prompting cenderung memiliki kemampuan analisis yang lebih baik dan mampu menghubungkan konsep-konsep yang berbeda dengan lebih baik. Selain itu, model Probing Prompting juga telah terbukti efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa tentang materi pelajaran. Menurut Dr. Dylan Wiliam, seorang profesor pendidikan yang juga mengkaji tentang model ini, model Probing Prompting dapat membantu siswa untuk mengklarifikasi pemahaman mereka tentang materi pelajaran dan mengidentifikasi kesalahan pemahaman yang mungkin mereka miliki. Dengan demikian, model ini dapat membantu siswa untuk memperbaiki pemahaman mereka dan meningkatkan hasil belajar mereka. Dalam kesimpulan, model Probing Prompting memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa. Para ahli pendidikan seperti Dr. John Hattie, Dr. Robert Marzano, dan Dr. Dylan Wiliam telah mengakui pentingnya model ini dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Dengan menggunakan pertanyaan yang mendalam dan memprovokasi pemikiran, model ini dapat membantu siswa untuk berpikir kritis, mengembangkan keterampilan berpikir tingkat tinggi, dan meningkatkan pemahaman mereka tentang materi pelajaran. Oleh karena itu, model Probing Prompting dapat menjadi alat yang efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa.