Pengaruh Media Blok Pecahan terhadap Kemampuan Berhitung Siswa pada Materi Penjumlahan dan Penguranga

essays-star 4 (192 suara)

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pengaruh penerapan Media Blok Pecahan terhadap kemampuan berhitung siswa pada materi penjumlahan dan pengurangan pecahan. Dalam penelitian ini, dilakukan uji pretest dan posttest terhadap siswa kelas IV UPT SDN 18 Turatea menggunakan Media Blok Pecahan. Hasil analisis statistik inferensial menggunakan Paired sample t-test menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan antara nilai pretest dan posttest siswa, yang menunjukkan dampak positif dari media blok pecahan yang diterapkan. Hasil uji paired sampel t-test mengungkapkan bahwa nilai signifikan (sig) adalah 0,001, yang lebih kecil dari 0,05. Ini berarti bahwa hipotesis alternatif (H1) yang menyatakan adanya perbedaan signifikan antara hasil pretest dan posttest, diterima. Dengan nilai t-hitung sebesar 39,856, yang jauh lebih besar daripada nilai t-tabel (2,101), dapat disimpulkan bahwa media blok pecahan secara signifikan meningkatkan kemampuan berhitung siswa. Penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan Media Blok Pecahan dapat meningkatkan kemampuan berhitung siswa dalam materi penjumlahan dan pengurangan pecahan. Hasil ini penting untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran matematika dan meningkatkan kemampuan siswa dalam menghadapi tantangan matematika di masa depan.