Strategi untuk Meningkatkan Minat Siswa terhadap Matematik
a. Latar Belakang Masalah Ibu Siti, seorang guru matematika di SMP 28, menghadapi tantangan dalam mengajar siswa kelas IV SD mengenai faktorial. Banyak siswa yang tidak tertarik pada pelajaran matematika dan menganggapnya sebagai mata pelajaran yang sulit. Hal ini terlihat dari minat dan hasil belajar siswa yang menurun, serta banyak siswa yang absen dengan alasan yang tidak masuk akal. b. Identifikasi Masalah Masalah utama yang dihadapi oleh Ibu Siti adalah kurangnya minat siswa terhadap pelajaran matematika, terutama mengenai topik faktorial. Siswa menganggap matematika sebagai mata pelajaran yang sulit dan tidak menarik, yang menyebabkan penurunan minat dan absensi siswa. c. Rumusan Masalah Bagaimana cara meningkatkan minat siswa terhadap pelajaran matematika, khususnya topik faktorial? Apa strategi yang dapat diterapkan oleh guru untuk membuat siswa lebih tertarik dan bersemangat dalam mengikuti pelajaran matematika? d. Tujuan Penelitian Tujuan penelitian ini adalah untuk menemukan strategi yang efektif dalam meningkatkan minat siswa terhadap pelajaran matematika, khususnya topik faktorial. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan wawasan bagi guru dan pendidik dalam mengembangkan metode pengajaran yang lebih menarik dan efektif. e. Manfaat Penelitian Penelitian ini akan memberikan manfaat bagi guru dan pendidik dalam meningkatkan kualitas pengajaran matematika. Dengan strategi yang tepat, diharapkan minat siswa terhadap matematika akan meningkat, sehingga mereka dapat mengembangkan kemampuan matematika mereka secara optimal. f. Kerangka Berpikir. Identifikasi faktor-faktor yang menyebabkan siswa kurang tertarik pada pelajaran matematika. 2. Analisis strategi pengajaran yang efektif dalam meningkatkan minat siswa. 3. Evaluasi metode yang dapat diterapkan oleh guru untuk membuat siswa lebih bersemangat dalam mengikuti pelajaran matematika. 4. Rekomendasi strategi terbaik untuk meningkatkan minat siswa terhadap pelajaran matematika. Dalam penelitian ini, akan dianalisis berbagai strategi pengajaran yang dapat diterapkan oleh guru untuk membuat siswa lebih tertarik dan bersemangat dalam mengikuti pelajaran matematika. Selain itu, penelitian ini juga akan memberikan rekomendasi terbaik untuk meningkatkan minat siswa terhadap pelajaran matematika, khususnya topik faktorial.