Memahami Hakikat Belajar dalam Paradigma Pembelajaran Eta Merdeka Belajar
Pembelajaran Eta Merdeka Belajar (EMB) adalah paradigma pendidikan yang menekankan pada kemandirian dan tanggung jawab siswa dalam proses belajar. Dalam paradigma ini, siswa dianggap sebagai aktor aktif dalam proses belajar, bukan hanya penerima informasi pasif. Hakikat belajar dalam paradigma EMB adalah untuk mengembangkan potensi siswa secara mandiri dan kreatif, serta mempersiapkan mereka untuk hidup di masyarakat yang terus berkembang. Salah satu aspek penting dalam hakikat belajar dalam paradigma EMB adalah pengembangan kemandirian siswa. Siswa diharapkan untuk mengambil inisiatif dalam proses belajar, mengidentifikasi kebutuhan mereka sendiri, dan mencari solusi untuk masalah yang mereka hadapi. Hal ini membutuhkan siswa untuk mengembangkan keterampilan berpikir kritis, pemecahan masalah, dan pengambilan keputusan. Dengan mengembangkan kemandirian ini, siswa akan lebih siap untuk menghadapi tantangan dan perubahan di masa depan. Selain itu, hakikat belajar dalam paradigma EMB juga menekankan pada pengembangan kreativitas siswa. Siswa diharapkan untuk berpikir di luar kotak, mengembangkan ide-ide inovatif, dan menciptakan solusi baru untuk masalah yang ada. Hal ini membutuhkan siswa untuk mengembangkan keterampilan berpikir abstrak, mengidentifikasi pola dan hubungan, serta menghubungkan antara berbagai konsep. Dengan mengembangkan kreativitas ini, siswa akan lebih siap untuk beradaptasi dengan perubahan dan menghadapi tantangan baru di masa depan. Selain kemandirian dan kreativitas, hakikat belajar dalam paradigma EMB juga menekankan pada pembelajaran berkelanjutan. Siswa diharapkan untuk terus belajar sepanjang hidup mereka, tidak hanya di dalam kelas, tetapi juga di luar kelas. Mereka diharapkan untuk mengembangkan rasa ingin tahu, rasa ingin tahu, dan semangat belajar yang akan mendorong mereka untuk terus belajar dan berkembang. Dengan mengembangkan pembelajaran berkelanjutan ini, siswa akan lebih siap untuk menghadapi perubahan dan berkembang di masa depan. Dalam kesimpulannya, hakikat belajar dalam paradigma Pembelajaran Eta Merdeka Belajar adalah untuk mengembangkan potensi siswa secara mandiri dan kreatif, serta mempersiapkan mereka untuk hidup di masyarakat yang terus berkembang. Dengan mengembangkan kemandirian, kreativitas, dan pembelajaran berkelanjutan, siswa akan lebih siap untuk menghadapi tantangan dan perubahan di masa depan. Oleh karena itu, penting bagi pendidik untuk mendorong siswa untuk mengambil inisiatif, berpikir kritis, dan terus belajar sepanjang hidup mereka.