**Problematika Membaca Al-Qur'an Mahasiswa Pendidikan Agama Islam Semester 5 di IAIN Fattahul Muluk Papua: Sebuah Studi Kualitatif** ##
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif untuk memahami problematika membaca Al-Qur'an mahasiswa Pendidikan Agama Islam semester 5 di IAIN Fattahul Muluk Papua. Metode kualitatif dipilih karena memungkinkan peneliti untuk menggali secara mendalam pengalaman, persepsi, dan makna yang dikonstruksi oleh mahasiswa terkait dengan aktivitas membaca Al-Qur'an. Data dikumpulkan melalui teknik observasi partisipatif, wawancara mendalam dengan mahasiswa dan dosen, serta studi dokumentasi. Observasi partisipatif dilakukan untuk mengamati secara langsung aktivitas membaca Al-Qur'an di lingkungan kampus dan di luar kampus. Wawancara mendalam dilakukan untuk menggali lebih dalam tentang motivasi, hambatan, dan strategi yang digunakan mahasiswa dalam membaca Al-Qur'an. Studi dokumentasi dilakukan untuk mengumpulkan data terkait kurikulum, silabus, dan materi pembelajaran yang berkaitan dengan membaca Al-Qur'an. Data yang terkumpul kemudian dianalisis secara deskriptif kualitatif dengan menggunakan teknik analisis tematik. Analisis tematik dilakukan untuk mengidentifikasi tema-tema utama yang muncul dari data yang dikumpulkan. Hasil analisis kemudian diinterpretasikan untuk memahami problematika membaca Al-Qur'an yang dihadapi mahasiswa Pendidikan Agama Islam semester 5 di IAIN Fattahul Muluk Papua. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan gambaran yang komprehensif tentang problematika membaca Al-Qur'an yang dihadapi mahasiswa Pendidikan Agama Islam di IAIN Fattahul Muluk Papua. Hasil penelitian ini juga diharapkan dapat menjadi bahan masukan bagi pihak kampus untuk meningkatkan kualitas pembelajaran membaca Al-Qur'an dan membantu mahasiswa dalam mengatasi berbagai kendala yang dihadapi.