Proses Belajar Sains Anak-Anak Melalui Konsep Konstruktivisme
Pendahuluan: Sebelum masuk sekolah dasar, anak-anak sudah memiliki pengetahuan dasar tentang sains berdasarkan pengalaman sehari-hari mereka. Mereka dapat mengamati dan memahami fenomena alam dengan cara mereka sendiri. Bagian: ① Pengembangan Konsep Sains: Anak-anak mengembangkan konsep sains mereka sendiri melalui pengalaman sehari-hari. Mereka dapat memahami perubahan zat dari padat ke cair melalui pengamatan mereka terhadap es yang mencair di bawah sinar matahari. ② Paham Konstruktivisme: Konsep sains yang dikembangkan oleh anak-anak sering kali disebut sebagai paham konstruktivisme. Paham ini mengakui bahwa anak-anak belajar sains melalui konsep yang mereka ciptakan sendiri berdasarkan pengalaman mereka. ③ Kompatibilitas dengan Perkembangan Psikologis Anak: Paham konstruktivisme sangat sesuai dengan prinsip-prinsip perkembangan psikologis anak. Konsep sains yang dikembangkan oleh anak-anak memungkinkan mereka untuk memahami dunia di sekitar mereka dengan cara yang relevan dengan tahap perkembangan mereka. Kesimpulan: Anak-anak dapat belajar sains melalui konsep yang mereka ciptakan sendiri berdasarkan pengalaman sehari-hari. Paham konstruktivisme memungkinkan mereka untuk mengembangkan pemahaman yang relevan dengan tahap perkembangan mereka.