Peningkatan Pemahaman Konsep Himpunan Matematika pada Siswa melalui Penggunaan Kerangka Berpikir
Pendahuluan: Matematika seringkali menjadi mata pelajaran yang sulit dan kurang diminati oleh siswa, terutama pada materi himpunan. Meskipun materi himpunan tergolong mudah, beberapa siswa masih kesulitan memahaminya. Masalah lain yang terlihat adalah siswa cenderung pasif dan kurang memberikan respon yang positif saat pelajaran berlangsung. Hal ini disebabkan oleh pemahaman konsep yang kurang dan sifat abstrak dari konsep matematika, yang membuat siswa merasa kesulitan dalam belajar matematika. Dampak dari masalah ini adalah banyaknya kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal. Kerangka Berpikir dalam Peningkatan Pemahaman Konsep Himpunan Matematika: Menurut Suryani (2019), kerangka berpikir adalah sintesis yang mencerminkan keterkaitan antara variabel yang diteliti dan merupakan tuntutan untuk memecahkan masalah penelitian serta merumuskan hipotesis penelitian yang berbentuk bagan alur yang dilengkapi dengan bagan kualitatif. Dalam konteks pemahaman konsep himpunan matematika, penggunaan kerangka berpikir dapat membantu siswa dalam memahami konsep tersebut dengan lebih baik. Manfaat Penggunaan Kerangka Berpikir dalam Pemahaman Konsep Himpunan Matematika: Penggunaan kerangka berpikir dalam pembelajaran matematika dapat memberikan beberapa manfaat bagi siswa. Pertama, kerangka berpikir membantu siswa dalam memahami hubungan antara konsep-konsep dalam himpunan matematika. Dengan melihat bagan alur yang disajikan dalam kerangka berpikir, siswa dapat melihat bagaimana konsep-konsep tersebut saling terkait dan membentuk suatu kesatuan yang utuh. Kedua, kerangka berpikir juga membantu siswa dalam merumuskan hipotesis penelitian. Dalam konteks pemahaman konsep himpunan matematika, siswa dapat menggunakan kerangka berpikir untuk merumuskan hipotesis tentang hubungan antara himpunan-himpunan yang diberikan dalam soal. Kesimpulan: Penggunaan kerangka berpikir dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan pemahaman konsep himpunan pada siswa. Dengan melihat hubungan antara konsep-konsep dalam himpunan matematika melalui bagan alur yang disajikan dalam kerangka berpikir, siswa dapat memahami konsep tersebut dengan lebih baik. Selain itu, penggunaan kerangka berpikir juga membantu siswa dalam merumuskan hipotesis penelitian tentang hubungan antara himpunan-himpunan yang diberikan dalam soal. Oleh karena itu, penggunaan kerangka berpikir dapat menjadi strategi yang efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep himpunan matematika pada siswa.