Meningkatkan Hasil Belajar IPA dengan Metode Eksperimen pada Siswa Kelas IV MIS Al-Hidayah Datuk Kabu
Berdasarkan hasil penelitian, sebelum diterapkannya metode eksperimen, hanya 8 siswa atau 21,05% yang mendapat nilai tinggi (tuntas) dalam hasil belajar IPA di kelas IV MIS Al-Hidayah Datuk Kabu. Namun, setelah penerapan metode eksperimen pada materi Perubahan Wujud Benda, terjadi peningkatan yang signifikan dalam hasil belajar siswa. Penerapan metode eksperimen dimulai dengan tahap persiapan, di mana siswa dibentuk dalam beberapa kelompok dan diberikan alat dan bahan yang digunakan untuk melakukan eksperimen. Hasil belajar siswa setelah diterapkannya metode eksperimen pada siklus I mencapai nilai rata-rata 47,89 dengan presentase 81,57% (31 siswa yang tuntas). Pada siklus II, nilai rata-rata meningkat menjadi 55 dengan presentase 94,73% (36 siswa yang tuntas). Dari hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode eksperimen secara efektif meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV MIS Al-Hidayah Datuk Kabu. Metode ini membantu siswa untuk lebih memahami materi Perubahan Wujud Benda melalui pengalaman langsung dan interaksi dengan alat dan bahan yang digunakan dalam eksperimen. Penerapan metode eksperimen tidak hanya meningkatkan pemahaman siswa, tetapi juga membangun keterampilan praktis dan keterampilan berpikir kritis mereka. Dengan melakukan eksperimen, siswa dapat mengamati fenomena nyata, mengumpulkan data, menganalisis hasil, dan membuat kesimpulan sendiri. Hal ini membantu siswa untuk mengembangkan kemampuan berpikir logis dan kreatif, serta meningkatkan minat mereka dalam belajar IPA. Dalam konteks pendidikan saat ini, di mana pendekatan pembelajaran yang aktif dan berbasis pengalaman semakin ditekankan, penggunaan metode eksperimen menjadi sangat relevan. Metode ini tidak hanya meningkatkan hasil belajar siswa, tetapi juga membantu mereka untuk mengembangkan keterampilan yang diperlukan dalam kehidupan sehari-hari dan masa depan mereka. Dengan demikian, penggunaan metode eksperimen dalam pembelajaran IPA di kelas IV MIS Al-Hidayah Datuk Kabu telah terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Metode ini memberikan pengalaman belajar yang menyenangkan dan interaktif, serta membantu siswa untuk mengembangkan pemahaman yang mendalam tentang materi yang dipelajari.