Perbedaan 'Do' dan 'Make' dalam Bahasa Indonesia: Sebuah Studi Kasus

essays-star 4 (200 suara)

Dalam bahasa Inggris, kata kerja 'do' dan 'make' sering kali membingungkan bagi penutur bahasa Indonesia. Meskipun keduanya dapat diterjemahkan sebagai "melakukan" atau "membuat" dalam bahasa Indonesia, penggunaannya dalam bahasa Inggris memiliki perbedaan yang signifikan. Artikel ini akan mengulas perbedaan antara 'do' dan 'make', memberikan contoh penggunaan yang tepat, serta menyoroti beberapa kasus khusus yang sering menimbulkan kebingungan bagi pelajar bahasa Inggris dari Indonesia.

Penggunaan Umum 'Do' dalam Bahasa Inggris

Kata kerja 'do' umumnya digunakan untuk menggambarkan tindakan atau aktivitas yang tidak menghasilkan objek fisik. Dalam bahasa Indonesia, 'do' sering diterjemahkan sebagai "melakukan" atau "mengerjakan". Beberapa contoh penggunaan 'do' yang tepat antara lain:

1. Do homework (mengerjakan pekerjaan rumah)

2. Do the dishes (mencuci piring)

3. Do exercise (berolahraga)

4. Do your best (melakukan yang terbaik)

Dalam konteks ini, 'do' menunjukkan pelaksanaan tugas atau kegiatan yang tidak menghasilkan produk akhir yang nyata. Penting bagi pelajar Indonesia untuk memahami bahwa 'do' juga digunakan dalam kalimat tanya dan negatif untuk kata kerja utama, seperti "Do you speak English?" atau "I don't understand".

Penggunaan Umum 'Make' dalam Bahasa Inggris

Sebaliknya, 'make' biasanya digunakan untuk menggambarkan tindakan yang menghasilkan sesuatu atau menciptakan objek fisik. Dalam bahasa Indonesia, 'make' sering diterjemahkan sebagai "membuat" atau "memproduksi". Beberapa contoh penggunaan 'make' yang tepat meliputi:

1. Make a cake (membuat kue)

2. Make a decision (membuat keputusan)

3. Make a phone call (melakukan panggilan telepon)

4. Make money (menghasilkan uang)

Dalam contoh-contoh ini, 'make' menunjukkan penciptaan atau produksi sesuatu, baik itu benda fisik seperti kue, maupun hal-hal abstrak seperti keputusan atau panggilan telepon.

Kasus Khusus dan Pengecualian

Meskipun aturan umum penggunaan 'do' dan 'make' cukup jelas, terdapat beberapa kasus khusus yang perlu diperhatikan oleh pelajar Indonesia:

1. "Make the bed" (merapikan tempat tidur) - Meskipun tidak menciptakan tempat tidur baru, frasa ini menggunakan 'make'.

2. "Do business" (berbisnis) - Walaupun bisnis dapat menghasilkan sesuatu, frasa ini menggunakan 'do'.

3. "Make a mistake" (membuat kesalahan) - Kesalahan bukanlah objek fisik, namun frasa ini menggunakan 'make'.

Kasus-kasus ini menunjukkan bahwa penggunaan 'do' dan 'make' terkadang lebih didasarkan pada konvensi bahasa daripada logika sederhana.

Strategi Pembelajaran untuk Penutur Bahasa Indonesia

Bagi pelajar Indonesia yang ingin menguasai penggunaan 'do' dan 'make' dengan benar, beberapa strategi pembelajaran dapat diterapkan:

1. Mempelajari frasa umum: Membuat daftar frasa yang sering digunakan dengan 'do' dan 'make' dapat membantu memori jangka panjang.

2. Latihan kontekstual: Berlatih menggunakan 'do' dan 'make' dalam kalimat lengkap dan situasi nyata akan meningkatkan pemahaman.

3. Mendengarkan dan membaca: Paparan terhadap penggunaan asli dalam film, buku, atau percakapan bahasa Inggris dapat membantu internalisasi penggunaan yang tepat.

4. Analisis kesalahan: Mengidentifikasi dan mempelajari dari kesalahan umum yang dilakukan oleh penutur bahasa Indonesia dapat mencegah kesalahan serupa di masa depan.

Implikasi dalam Penerjemahan

Pemahaman yang baik tentang perbedaan antara 'do' dan 'make' juga penting dalam konteks penerjemahan. Penerjemah Indonesia harus berhati-hati dalam memilih kata yang tepat ketika menerjemahkan dari bahasa Indonesia ke bahasa Inggris. Misalnya, "membuat laporan" harus diterjemahkan menjadi "make a report", bukan "do a report".

Pentingnya Konteks dan Penggunaan Idiomatis

Dalam mempelajari perbedaan antara 'do' dan 'make', penting untuk memahami bahwa bahasa Inggris memiliki banyak penggunaan idiomatis yang mungkin tidak masuk akal jika diterjemahkan secara harfiah ke dalam bahasa Indonesia. Contohnya, "make friends" (berteman) atau "do justice" (berlaku adil) mungkin terdengar aneh jika diterjemahkan kata per kata. Oleh karena itu, pelajar Indonesia perlu membiasakan diri dengan konteks dan penggunaan idiomatis ini melalui paparan yang konsisten terhadap bahasa Inggris autentik.

Memahami perbedaan antara 'do' dan 'make' merupakan langkah penting dalam penguasaan bahasa Inggris bagi penutur bahasa Indonesia. Meskipun terdapat aturan umum yang dapat diikuti, penting untuk diingat bahwa bahasa adalah entitas yang hidup dan berkembang, dengan pengecualian dan kasus khusus yang perlu dipelajari secara terpisah. Dengan latihan yang konsisten, paparan terhadap penggunaan autentik, dan pemahaman kontekstual, pelajar Indonesia dapat meningkatkan kemampuan mereka dalam menggunakan 'do' dan 'make' dengan tepat, sehingga meningkatkan kefasihan mereka dalam bahasa Inggris secara keseluruhan.