Keefektifan Metode Pengajaran dalam Meningkatkan Hasil Belajar Sisw
Metode pengajaran yang digunakan dalam proses pembelajaran dapat memiliki dampak yang signifikan terhadap hasil belajar siswa. Dalam sebuah penelitian, pelayaran diberikan kepada 4 siswa dengan metode pengajaran yang biasa, sementara 8 siswa lainnya menerima pelayaran dengan metode pengajaran yang menggunakan bahan yang telah diprogramkan. Pada akhir semester, setiap kelas diberikan ujian yang sama untuk mengukur hasil belajar mereka. Hasil ujian menunjukkan bahwa kelas yang pertama, yang menerima metode pengajaran biasa, mencapai nilai rata-rata 85 dengan simpangan baku 2. Sementara itu, kelas yang kedua, yang menerima metode pengajaran yang menggunakan bahan yang telah diprogramkan, mencapai nilai rata-rata 81 dengan simpangan baku 1. Jika diasumsikan bahwa kedua populasi menyebar menghampiri normal dengan ragam yang sama, maka kita dapat menggunakan pendugaan beda rata-rata dua populasi untuk menentukan nilai dugaan gabungan dari ragam populasi. Dalam hal ini, nilai dugaan gabungan dari ragam populasi pada pendugaan beda rata-rata dua populasi adalah ____________ (isi dengan jawaban yang benar dari pilihan yang diberikan). Dengan demikian, penelitian ini menunjukkan bahwa metode pengajaran yang menggunakan bahan yang telah diprogramkan memiliki dampak yang signifikan dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini menunjukkan pentingnya penggunaan teknologi dalam proses pembelajaran untuk mencapai hasil yang lebih baik.