Proses Penelitian Tindakan Kelas
Pendahuluan: Penelitian tindakan kelas adalah metode yang digunakan oleh guru untuk memperbaiki praktik pengajaran mereka melalui siklus perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Bagian: ① Perencanaan Penelitian: Menentukan tujuan, merumuskan pertanyaan penelitian, dan merancang rencana tindakan. ② Pelaksanaan Tindakan: Melaksanakan rencana tindakan yang telah dirancang dalam lingkungan kelas. ③ Observasi dan Pemantauan: Mengumpulkan data dan informasi selama pelaksanaan tindakan untuk mengevaluasi dampaknya. ④ Refleksi dan Evaluasi: Menganalisis data, merefleksikan hasil, dan mengevaluasi keberhasilan tindakan serta menentukan langkah selanjutnya. Kesimpulan: Penelitian tindakan kelas merupakan proses berkelanjutan yang memungkinkan guru untuk terus meningkatkan praktik pengajaran mereka melalui refleksi dan tindakan yang terukur.