**\x0a - "Ibu Putri: Guru Fisika yang Menggunakan Bahasa Indonesia untuk Menciptakan Persatuan di Kelas"\x0a\x0a2. **
Pendahuluan:
Ibu Putri, seorang guru fisika dari suku Jawa, mengajarkan di SMAN 9 Bandar Lampung. Meskipun Bahasa Jawa adalah bahasa ibunya, ia memilih menggunakan Bahasa Indonesia saat mengajar untuk mendorong persatuan di kelas.
A. Mengabdi dengan Mengajar di Luar Daerah Asalnya:
Ibu Putri menunjukkan dedikasi yang tinggi dengan mengajar di luar daerah asalnya, membawa pengaruh positif dan memperkaya keberagaman budaya di sekolah.
B. Melestarikan Bahasa Jawa sebagai Bahasa Sehari-hari:
Meskipun menggunakan Bahasa Indonesia saat mengajar, Ibu Putri tetap mempertahankan penggunaan Bahasa Jawa sehari-hari, menciptakan jembatan budaya antara murid-muridnya.
C. Menggunakan Bahasa Indonesia saat Mengajar sebagai Bahasa Persatuan:
Dengan memilih Bahasa Indonesia sebagai bahasa pengantar di kelas, Ibu Putri mendorong murid-muridnya untuk bersatu dalam pemahaman dan komunikasi yang lebih luas.
D. Tidak Membedanya Murid yang Berbeda Suku Bangsa:
Ibu Putri menciptakan lingkungan belajar inklusif dengan tidak membeda-bedakan murid berdasarkan suku bangsa mereka, mendorong rasa persaudaraan dan toleransi.
E. Mampu Beradaptasi Diluar Lingkungan Tempat Asalnya:
Dengan beradaptasi dengan lingkungan baru dan mengajarkan di luar daerah asalnya, Ibu Putri menunjukkan kemampuannya untuk beradaptasi dan memberikan kontribusi positif kepada masyarakat.
Kesimpulan:**
Melalui tindakannya, Ibu Putri menciptakan lingkungan belajar yang inklusif dan persatuan melalui penggunaan Bahasa Indonesia dalam kelasnya. Dedikasinya dalam mengabdi kepada pend