**\x0a - "Ibu Putri: Guru Fisika yang Menggunakan Bahasa Indonesia untuk Menciptakan Persatuan di Kelas"\x0a\x0a2. **

essays-star 3 (201 suara)

Pendahuluan:

Ibu Putri, seorang guru fisika dari suku Jawa, mengajarkan di SMAN 9 Bandar Lampung. Meskipun Bahasa Jawa adalah bahasa ibunya, ia memilih menggunakan Bahasa Indonesia saat mengajar untuk mendorong persatuan di kelas.

A. Mengabdi dengan Mengajar di Luar Daerah Asalnya:

Ibu Putri menunjukkan dedikasi yang tinggi dengan mengajar di luar daerah asalnya, membawa pengaruh positif dan memperkaya keberagaman budaya di sekolah.

B. Melestarikan Bahasa Jawa sebagai Bahasa Sehari-hari:

Meskipun menggunakan Bahasa Indonesia saat mengajar, Ibu Putri tetap mempertahankan penggunaan Bahasa Jawa sehari-hari, menciptakan jembatan budaya antara murid-muridnya.

C. Menggunakan Bahasa Indonesia saat Mengajar sebagai Bahasa Persatuan:

Dengan memilih Bahasa Indonesia sebagai bahasa pengantar di kelas, Ibu Putri mendorong murid-muridnya untuk bersatu dalam pemahaman dan komunikasi yang lebih luas.

D. Tidak Membedanya Murid yang Berbeda Suku Bangsa:

Ibu Putri menciptakan lingkungan belajar inklusif dengan tidak membeda-bedakan murid berdasarkan suku bangsa mereka, mendorong rasa persaudaraan dan toleransi.

E. Mampu Beradaptasi Diluar Lingkungan Tempat Asalnya:

Dengan beradaptasi dengan lingkungan baru dan mengajarkan di luar daerah asalnya, Ibu Putri menunjukkan kemampuannya untuk beradaptasi dan memberikan kontribusi positif kepada masyarakat.

Kesimpulan:**

Melalui tindakannya, Ibu Putri menciptakan lingkungan belajar yang inklusif dan persatuan melalui penggunaan Bahasa Indonesia dalam kelasnya. Dedikasinya dalam mengabdi kepada pend