Hubungan antara Aktivitas Pergaulan dan Prestasi Belajar Siswa: Studi Deskriptif tentang Kecerdasan Emosi dan Intelektual di Madrasah Aliyah Al-falah 2 Nagreg Bandung
A. Latar Belakang Masalah Aktivitas pergaulan memiliki peran penting dalam kehidupan siswa. Pergaulan yang sehat dan positif dapat mempengaruhi prestasi belajar siswa. Namun, belum banyak penelitian yang mengkaji hubungan antara aktivitas pergaulan dan prestasi belajar siswa di Madrasah Aliyah Al-falah 2 Nagreg Bandung. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengisi kekosongan pengetahuan ini dan memberikan pemahaman yang lebih baik tentang hubungan ini. B. Perumusan Masalah Dalam konteks ini, perumusan masalah penelitian adalah sebagai berikut: 1. Bagaimana aktivitas pergaulan siswa di Madrasah Aliyah Al-falah 2 Nagreg Bandung? 2. Bagaimana prestasi belajar siswa di Madrasah Aliyah Al-falah 2 Nagreg Bandung? 3. Apakah ada hubungan antara aktivitas pergaulan dan prestasi belajar siswa di Madrasah Aliyah Al-falah 2 Nagreg Bandung? C. Tujuan Penelitian Tujuan dari penelitian ini adalah: 1. Untuk menggambarkan aktivitas pergaulan siswa di Madrasah Aliyah Al-falah 2 Nagreg Bandung. 2. Untuk menggambarkan prestasi belajar siswa di Madrasah Aliyah Al-falah 2 Nagreg Bandung. 3. Untuk mengetahui hubungan antara aktivitas pergaulan dan prestasi belajar siswa di Madrasah Aliyah Al-falah 2 Nagreg Bandung. D. Manfaat Penelitian Penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat sebagai berikut: 1. Memberikan pemahaman yang lebih baik tentang aktivitas pergaulan siswa di Madrasah Aliyah Al-falah 2 Nagreg Bandung. 2. Memberikan pemahaman yang lebih baik tentang prestasi belajar siswa di Madrasah Aliyah Al-falah 2 Nagreg Bandung. 3. Memberikan pemahaman yang lebih baik tentang hubungan antara aktivitas pergaulan dan prestasi belajar siswa di Madrasah Aliyah Al-falah 2 Nagreg Bandung. 4. Memberikan masukan bagi pihak sekolah dalam merancang program yang dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. E. Kerangka Pemikiran Kerangka pemikiran penelitian ini didasarkan pada teori-teori terkait aktivitas pergaulan dan prestasi belajar siswa. Teori-teori ini akan digunakan sebagai landasan untuk menggambarkan hubungan antara aktivitas pergaulan dan prestasi belajar siswa di Madrasah Aliyah Al-falah 2 Nagreg Bandung. F. Metodologi Penelitian 1. Objek/Subjek Penelitian: Siswa Madrasah Aliyah Al-falah 2 Nagreg Bandung. 2. Populasi Penelitian: Seluruh siswa Madrasah Aliyah Al-falah 2 Nagreg Bandung. 3. Sampel Penelitian: Sampel penelitian akan dipilih secara acak dari populasi siswa Madrasah Aliyah Al-falah 2 Nagreg Bandung. 4. Metode Penelitian: Penelitian ini akan menggunakan metode deskriptif untuk menggambarkan aktivitas pergaulan dan prestasi belajar siswa. 5. Jenis dan Sumber Data: Data akan dikumpulkan melalui kuesioner dan dokumentasi. 6. Teknik Pengumpulan Data: Kuesioner akan disebarkan kepada siswa dan data dokumentasi akan dikumpulkan dari catatan sekolah. 7. Teknik Analisis Data: Data akan dianalisis menggunakan teknik statistik deskriptif. 8. Pengujian Hipotesis: Hipotesis penelitian akan diuji menggunakan analisis statistik. Dengan demikian, penelitian ini diharapkan dapat memberikan pemahaman yang lebih baik tentang hubungan antara aktivitas pergaulan dan prestasi belajar siswa di Madrasah Aliyah Al-falah 2 Nagreg Bandung.