Analisis Statistik dalam Penelitian Pendidikan: Studi Kasus Nilai Ulangan Matematika Sisw
Dalam penelitian ini, kami akan menganalisis data nilai ulangan matematika dari 30 siswa. Data tersebut terdiri dari frekuensi nilai dalam rentang 40-89. Kami akan menghitung rata-rata, modus, dan median dari nilai ulangan matematika ini untuk mendapatkan gambaran yang jelas tentang kinerja siswa. Selanjutnya, kami akan membuat tabel distribusi frekuensi kumulatif untuk melihat persebaran nilai secara lebih terperinci. Dari tabel ini, kami akan menghitung kuartil pertama (Q1) untuk mengetahui batas nilai bawah yang membagi data menjadi seperempat pertama. Selain itu, kami juga akan menghitung desil keempat (D4) dan presentil ke-70 (P70) untuk melihat posisi nilai tertentu dalam distribusi data. Hal ini akan memberikan informasi tambahan tentang sebaran nilai secara lebih spesifik. Kemudian, kami akan menghitung simpangan rata-rata dan simpangan baku dari data ini. Dengan menghitung kedua nilai ini, kita dapat memahami sebaran data secara lebih mendalam dan melihat seberapa jauh data tersebut tersebar dari nilai rata-ratanya. Selanjutnya, berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan di lapangan, kami akan melakukan analisis regresi untuk menentukan hubungan antara variabel terikat (x) dan variabel bebas (y). Dengan menggunakan aplikasi SPSS, kami akan menarik kesimpulan apakah hipotesis kita dapat diterima atau ditolak berdasarkan t tabel 0,05. Terakhir, kami akan melakukan analisis korelasi antara variabel terikat (x) dan variabel bebas (y) untuk melihat sejauh mana kedua variabel tersebut berkaitan. Dengan menggunakan aplikasi SPSS, kami akan menarik kesimpulan apakah hipotesis kita dapat diterima atau ditolak berdasarkan t tabel 0,05. Dengan demikian, analisis statistik dalam penelitian ini akan memberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang kinerja siswa dalam mata pelajaran matematika dan hubungan antara variabel-variabel yang diteliti.