Peningkatan Pemahaman Siswa dalam Materi Pecahan Sederhana melalui Pendekatan Pembelajaran Berbasis Proyek di Kelas 3 SD

essays-star 4 (243 suara)

Pendahuluan: Pecahan sederhana adalah salah satu konsep matematika yang penting untuk dipahami oleh siswa di tingkat SD. Namun, seringkali siswa mengalami kesulitan dalam memahami konsep ini. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa dalam materi pecahan sederhana melalui pendekatan pembelajaran berbasis proyek di kelas 3 SD. Metode Penelitian: Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam beberapa siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Selama pelaksanaan, siswa diberikan proyek-proyek yang relevan dengan konsep pecahan sederhana untuk meningkatkan pemahaman mereka. Hasil Penelitian: Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan pembelajaran berbasis proyek efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa dalam materi pecahan sederhana. Pada awal penelitian, hanya 40% siswa yang memiliki pemahaman yang baik tentang konsep ini. Namun, setelah tiga siklus penelitian, persentase siswa yang memiliki pemahaman yang baik meningkat menjadi 80%. Diskusi: Pendekatan pembelajaran berbasis proyek memberikan pengalaman belajar yang nyata dan relevan bagi siswa. Melalui proyek-proyek yang mereka kerjakan, siswa dapat melihat bagaimana konsep pecahan sederhana dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini membantu siswa untuk memahami konsep dengan lebih baik dan meningkatkan motivasi belajar mereka. Kesimpulan: Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa pendekatan pembelajaran berbasis proyek efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa dalam materi pecahan sederhana. Oleh karena itu, pendekatan ini dapat direkomendasikan kepada guru-guru di tingkat SD untuk meningkatkan pembelajaran matematika. Saran: Untuk penelitian selanjutnya, disarankan untuk melibatkan jumlah siswa yang lebih besar dan melihat pengaruh pendekatan pembelajaran berbasis proyek dalam jangka waktu yang lebih lama. Selain itu, penelitian juga dapat dilakukan untuk melihat pengaruh pendekatan pembelajaran berbasis proyek dalam materi matematika lainnya di tingkat SD.