Pola Bilangan dalam Jumlah Kursi di Aula Sekolah
Dalam aula sekolah, terdapat 10 baris kursi dengan pola tertentu dalam jumlah kursi di setiap barisnya. Pada baris paling depan, terdapat 20 kursi. Pada baris kedua, terdapat 23 kursi. Pola ini terus berlanjut dengan penambahan 3 kursi setiap barisnya. Namun, pertanyaannya adalah apakah pernyataan di atas benar atau salah? Mari kita analisis lebih lanjut. Jika kita mencoba memahami pola bilangan yang terbentuk dari jumlah kursi di setiap baris, kita dapat melihat bahwa pola tersebut terdiri dari penambahan 3 kursi setiap barisnya. Dengan kata lain, setiap baris memiliki 3 kursi lebih banyak daripada baris sebelumnya. Jika kita mencoba menerapkan pola ini pada baris ke-8, kita dapat menggunakan rumus matematika sederhana yaitu \(a_n = a_1 + (n-1)d\), di mana \(a_n\) adalah suku ke-n, \(a_1\) adalah suku pertama, dan \(d\) adalah beda antara suku-suku berturut-turut. Dalam kasus ini, suku pertama (\(a_1\)) adalah 20, dan beda (\(d\)) adalah 3. Jadi, untuk mencari suku ke-8 (\(a_8\)), kita dapat menggunakan rumus tersebut: \(a_8 = 20 + (8-1)3\) \(a_8 = 20 + 7 \times 3\) \(a_8 = 20 + 21\) \(a_8 = 41\) Jadi, jika kita menerapkan pola bilangan ini pada baris ke-8, jumlah kursi yang akan ada adalah 41. Dengan demikian, pernyataan bahwa banyaknya kursi pada pola ke-8 adalah 41 adalah benar. Dalam kesimpulan, pola bilangan yang terbentuk dari jumlah kursi di setiap baris aula sekolah adalah penambahan 3 kursi setiap barisnya. Dengan menggunakan rumus matematika sederhana, kita dapat menentukan jumlah kursi pada baris mana pun dalam pola tersebut.