Pengembangan Instrumen Penilaian Kinerja Guru di MTs Al Hikmah Singorojo
Pengembangan instrumen penilaian kinerja guru di MTs Al Hikmah Singorojo merupakan aspek penting dalam mengevaluasi kinerja guru. Instrumen ini dikembangkan oleh Georgia Department of Education dan memiliki tiga aspek utama yang menjadi indikator kinerja guru, yaitu perencanaan program kegiatan pembelajaran, pelaksanaan kegiatan pembelajaran, dan evaluasi atau penilaian pembelajaran. Tugas tambahan yang melekat pada pelaksanaan tugas pokok guru di MTs Al Hikmah Singorojo meliputi posisi seperti kepala sekolah, wakil kepala sekolah bidang kurikulum, wakil kepala sekolah bidang kesiswaan, dan wakil kepala sekolah bidang sarana prasarana. Meskipun memiliki tugas tambahan yang memotong jam pelajaran, guru tetap melaksanakan tugas pokoknya sebagai tenaga pendidik sambil menjalankan tugas tambahan yang diberikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen penilaian kinerja guru yang sesuai dengan kebutuhan MTs Al Hikmah Singorojo. Dengan memperhatikan tugas tambahan yang melekat pada kinerja guru, penelitian ini akan memberikan wawasan yang mendalam tentang bagaimana instrumen penilaian kinerja guru dapat disesuaikan dengan konteks sekolah tersebut.