Rumusan Masalah dalam Satuan Pendidikan Tinggi: Studi Kasus di Universitas X
Pendahuluan: Rumusan masalah merupakan bagian penting dari penelitian akademik, terutama dalam konteks pendidikan tinggi. Artikel ini bertujuan untuk mengeksplorasi rumusan masalah yang relevan dalam satuan pendidikan tinggi, dengan fokus pada Universitas X sebagai studi kasus. Penelitian ini berusaha untuk mengidentifikasi tantangan dan peluang yang dihadapi oleh mahasiswa dan dosen dalam proses pembelajaran dan pengajaran. Metodologi: Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik wawancara mendalam dan analisis dokumen. Responden dalam penelitian ini terdiri dari mahasiswa dan dosen di Universitas X. Data yang dikumpulkan meliputi wawancara mendalam, observasi, dan analisis dokumen terkait kebijakan dan praktik pembelajaran di universitas tersebut. Hasil: Hasil penelitian menunjukkan bahwa rumusan masalah yang dihadapi oleh mahasiswa dan dosen di Universitas X berkaitan dengan berbagai aspek, termasuk kurikulum, metode pengajaran, dan keterlibatan mahasiswa. Beberapa rumusan masalah utama yang diidentifikasi meliputi: 1. Kurikulum yang tidak sesuai dengan kebutuhan pasar kerja 2. Metode pengajaran yang kurang inovatif dan interaktif 3. Keterlibatan mahasiswa yang rendah dalam proses pembelajaran 4. Keterbatasan sumber daya dan fasilitas pendidikan 5. Tantangan dalam mengintegrasikan teknologi dalam proses pembelajaran Kesimpulan: Penelitian ini memberikan wawasan yang berharga mengenai rumusan masalah yang dihadapi oleh satuan pendidikan tinggi, khususnya Universitas X. Dengan memahami tantangan dan peluang ini, universitas dapat mengembangkan strategi yang efektif untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan mempersiapkan mahasiswa untuk kebutuhan pasar kerja. Selain itu, penelitian ini juga memberikan rekomendasi praktis bagi universitas lain yang menghadapi tantangan serupa dalam proses pembelajaran dan pengajaran.