Analisis Diskon di Tiga Toko Berbed
Diskon adalah salah satu strategi pemasaran yang umum digunakan oleh toko-toko untuk menarik pelanggan. Dalam artikel ini, kita akan menganalisis tiga toko yang menawarkan diskon berbeda, yaitu toko "ADIL", toko "MAKMUR", dan toko "SEJAHTERA". Kita akan melihat jenis promosi yang ditawarkan oleh masing-masing toko dan mencari tahu pernyataan yang benar berdasarkan informasi yang diberikan. Pertama, mari kita lihat jenis promosi yang ditawarkan oleh toko "ADIL". Toko ini memberikan diskon sebesar 70%. Selanjutnya, toko "MAKMUR" menawarkan diskon sebesar 50% ditambah diskon tambahan sebesar 20%. Terakhir, toko "SEJAHTERA" menawarkan promosi "beli 2 gratis 1". Berdasarkan informasi ini, kita dapat memeriksa pernyataan yang diberikan. Pernyataan pertama menyatakan bahwa untuk membeli 3 barang paling murah, kita harus berbelanja di toko "SEJAHTERA". Pernyataan kedua menyatakan bahwa besarnya diskon di toko "ADIL" dan toko "MAKMUR" berbeda. Pernyataan ketiga menyatakan bahwa untuk membeli 2 buah barang paling murah, kita harus berbelanja di toko "MAKMUR". Terakhir, pernyataan keempat menyatakan bahwa untuk membeli 1 buah barang paling murah, kita harus berbelanja di toko "ADIL". Berdasarkan analisis kita, pernyataan yang benar adalah pernyataan (I) dan (III). Pernyataan (I) benar karena toko "SEJAHTERA" menawarkan promosi "beli 2 gratis 1", sehingga kita dapat membeli 3 barang paling murah di toko ini. Pernyataan (III) benar karena toko "MAKMUR" menawarkan diskon sebesar 50% ditambah diskon tambahan sebesar 20%, sehingga kita dapat membeli 2 buah barang paling murah di toko ini. Dengan demikian, pernyataan yang benar ditunjukkan oleh nomor (I) dan (III).