Desain Penelitian untuk Menganalisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Keterlibatan Siswa dalam Kegiatan Pembelajaran di Kelas dan Solusi yang Efektif
Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain penelitian kuantitatif. Desain ini dipilih karena tujuan penelitian adalah untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi keterlibatan siswa dalam kegiatan pembelajaran di kelas dan mencari solusi yang efektif. Desain penelitian kuantitatif memungkinkan pengumpulan data secara sistematis dan kuantifikasi, yang penting untuk analisis statistik dan generalisasi temuan. Desain penelitian kuantitatif ini melibatkan pengumpulan data melalui kuesioner dan analisis data menggunakan metode statistik. Kuesioner akan dirancang untuk mengukur berbagai faktor yang dianggap mempengaruhi keterlibatan siswa, seperti motivasi, minat, dan lingkungan kelas. Data yang dikumpulkan akan dianalisis menggunakan teknik statistik untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang paling berpengaruh dalam keterlibatan siswa. Selain itu, desain penelitian ini juga akan mencakup bagian solusi yang efektif. Setelah faktor-faktor yang mempengaruhi keterlibatan siswa diidentifikasi, penelitian akan mengeksplorasi solusi yang efektif untuk meningkatkan keterlibatan siswa. Solusi ini dapat berupa strategi pengajaran, penggunaan teknologi, atau intervensi lain yang telah terbukti efektif dalam meningkatkan keterlibatan siswa. Desain penelitian kuantitatif ini memungkinkan analisis data secara objektif dan terukur, yang penting untuk memastikan keandalan dan kevalidan temuan. Dengan menggunakan desain ini, penelitian dapat memberikan wawasan yang berharga tentang faktor-faktor yang mempengaruhi keterlibatan siswa dan solusi yang efektif untuk meningkatkannya.