Strategi Guru dalam Menyesuaikan Materi Ajar dengan Karakteristik Peserta Didik
Dalam dunia pendidikan, penting bagi seorang guru untuk dapat menyesuaikan materi ajar dengan karakteristik peserta didik. Hal ini merupakan indikator yang dapat mempengaruhi kecepatan dan ketepatan kerja siswa dalam memahami serta menguasai materi pembelajaran. Menurut pendapat yang disampaikan oleh KS, guru dapat menggunakan acuan kompetensi dasar dan tujuan pembelajaran yang tertera dalam RPP, atau menggunakan materi yang sudah tersedia dalam LKS. Hal ini membantu guru dalam menyusun materi ajar yang sesuai dengan standar kompetensi yang harus dicapai oleh siswa. Selain itu, WK-1 juga menekankan pentingnya menyesuaikan materi dengan metode pembelajaran yang diajarkan. Misalnya, dalam mata pelajaran IPA terpadu, guru dapat mengkombinasikan antara teori dan praktik agar siswa dapat memahami materi secara lebih mendalam. Meskipun demikian, menyesuaikan materi dengan karakteristik siswa merupakan hal yang belum banyak dilakukan oleh guru. Hal ini disebabkan oleh keragaman karakteristik siswa yang ada, sehingga diperlukan pendekatan yang berbeda-beda untuk setiap individu. Selanjutnya, GR juga menyoroti bahwa sebagian besar guru cenderung menggunakan materi yang sudah ada dalam buku pelajaran atau LKS. Hal ini dikarenakan keterbatasan sarana dan prasarana di sekolah, sehingga penggunaan materi yang sudah tersedia menjadi pilihan yang lebih praktis. Meskipun demikian, penting bagi guru untuk tetap memastikan bahwa materi yang digunakan sesuai dengan KD dan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai. Dengan demikian, strategi guru dalam menyesuaikan materi ajar dengan karakteristik peserta didik memegang peranan penting dalam menciptakan pembelajaran yang efektif dan optimal. Melalui penggunaan berbagai acuan dan metode yang tepat, diharapkan setiap siswa dapat memperoleh hasil belajar yang maksimal sesuai dengan potensi dan kebutuhan masing-masing.