Karakteristik Pembelajaran Tematik di Kelas Rendah
Pembelajaran bahasa Indonesia di kelas rendah sering kali menggunakan pendekatan pembelajaran tematik. Pendekatan ini melibatkan pelajaran yang memberikan pengalaman bermakna kepada peserta didik. Keterpaduan dalam pembelajaran tematik terlihat dari aspek proses atau waktu, aspek kurikulum, dan aspek belajar mengajar.
Pembelajaran tematik hanya diterapkan pada peserta didik sekolah dasar kelas rendah (1-3) karena pada umumnya mereka melihat segala sesuatu sebagai satu kesatuan holistik. Perkembangan fisik tidak dipisahkan dari perkembangan mental, sosial, dan emosional.
Beberapa ciri khas dari pembelajaran tematik meliputi:
1. Pengalaman dan kegiatan belajar relevan dengan tingkat perkembangan dan kebutuhan peserta didik usia sekolah dasar.
2. Kegiatan belajar didasarkan pada minat dan kebutuhan peserta didik.
3. Kegiatan belajar bermakna dan berkesan bagi peserta didik, sehingga hasil belajar dapat bertahan lebih lama.
4. Membantu mengembangkan keterampilan berpikir peserta didik.
5. Menyajikan kegiatan belajar yang bersifat pragmatis sesuai dengan permasalahan yang sering dihadapi peserta didik dalam lingkungan sekitarnya.
6. Mengembangkan keterampilan sosial peserta didik, seperti kerja sama, toleransi, komunikasi, dan tanggap terhadap gagasan orang lain.
7. Menanamkan konsep-konsep pembelajaran yang tepat.
Melihat perkembangan dan pengalaman peserta didik pada usia sekolah dasar kelas awal, kecenderungan tersebut akan mempengaruhi proses pembelajaran. Sesuai dengan tahapan perkembangan peserta didik, karakteristik pembelajaran tematik menjadi penting untuk menciptakan konsep bermakna dalam kegiatan pembelajaran.