Pembuat Rabbid Siapa?

essays-star 4 (227 suara)

Rabbid adalah karakter yang terkenal dalam franchise game "Rabbids" yang dikembangkan oleh Ubisoft. Mereka adalah makhluk kecil berbulu yang lucu dan nakal, sering kali menimbulkan kekacauan di sekitar mereka. Namun, siapa sebenarnya yang menciptakan karakter Rabbid yang ikonik ini? Untuk menjawab pertanyaan ini, kita perlu melihat sejarah pengembangan franchise Rabbids. Rabbids pertama kali muncul dalam game "Rayman Raving Rabbids" yang dirilis pada tahun 2006. Game ini awalnya merupakan spin-off dari seri game Rayman yang juga dikembangkan oleh Ubisoft. Rabbids awalnya hanya muncul sebagai musuh dalam game Rayman, tetapi mereka dengan cepat mendapatkan popularitas mereka sendiri. Pencipta utama karakter Rabbid adalah Michel Ancel, seorang desainer game terkenal yang juga terlibat dalam pengembangan game Rayman. Ancel memiliki visi untuk menciptakan karakter yang lucu dan menggemaskan yang dapat menarik perhatian pemain dari segala usia. Dengan desain yang unik dan tingkah laku yang kocak, Rabbids dengan cepat menjadi favorit para pemain. Namun, Ancel bukanlah satu-satunya orang yang terlibat dalam pengembangan karakter Rabbid. Tim pengembang Ubisoft Montpellier juga berperan penting dalam menciptakan karakter ini. Mereka bekerja sama untuk mengembangkan desain, kepribadian, dan tingkah laku Rabbids yang membuat mereka begitu menghibur. Sejak kemunculannya yang pertama, Rabbids telah menjadi ikon dalam industri game. Mereka telah muncul dalam berbagai game Rabbids yang sukses, termasuk "Rabbids Go Home", "Rabbids Invasion", dan "Mario + Rabbids Kingdom Battle". Selain itu, Rabbids juga telah muncul dalam berbagai media lainnya, seperti kartun animasi dan merchandise. Dalam kesimpulan, Michel Ancel dan tim pengembang Ubisoft Montpellier adalah orang-orang di balik penciptaan karakter Rabbid yang ikonik ini. Dengan desain yang lucu dan tingkah laku yang kocak, Rabbids telah memenangkan hati para pemain di seluruh dunia. Mereka adalah bukti nyata bahwa karakter yang sederhana namun menghibur dapat menjadi fenomena dalam industri game.