Penerapan Metode Discovery Learning dalam Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika di SDN Kedunguneng

essays-star 4 (289 suara)

Metode pembelajaran merupakan salah satu faktor penting dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Pada penelitian yang dilakukan oleh Nariswari, Yulia (2020) di SDN Kedunguneng, ditemukan bahwa aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi operasi hitung masih rendah. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk melihat penerapan metode discovery learning dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi operasi hitung.

Metode discovery learning merupakan metode pembelajaran yang memberikan kebebasan kepada siswa untuk menemukan dan memahami konsep matematika melalui eksplorasi dan penemuan sendiri. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan desain penelitian dengan model spiral yang melibatkan siswa kelas VII SDN Kedunguneng Kecamatan Bangsal.

Penelitian ini terdiri dari empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII SDN Kedunguneng Kecamatan Bangsal. Untuk mengumpulkan data, penulis menggunakan catatan lapangan dan soal tes sebagai instrumen pengumpul data.

Dalam penelitian ini, penulis berharap dapat menemukan bukti bahwa penerapan metode discovery learning dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi operasi hitung. Dengan memberikan kebebasan kepada siswa untuk menemukan dan memahami konsep matematika, diharapkan siswa dapat lebih aktif dan terlibat dalam proses pembelajaran.

Melalui penelitian ini, diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam pengembangan metode pembelajaran yang lebih efektif dan menyenangkan bagi siswa. Dengan meningkatnya aktivitas dan hasil belajar siswa, diharapkan dapat menciptakan generasi yang lebih kompeten dalam bidang matematika.