Efektivitas Ice Breaking dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas II di Sekolah Dasar

essays-star 4 (304 suara)

Pendahuluan Ice breaking adalah metode yang digunakan untuk memecah kebekuan dan membangun hubungan antara individu dalam sebuah kelompok. Metode ini telah digunakan dalam berbagai konteks, termasuk dalam pendidikan. Dalam konteks pendidikan, ice breaking dapat digunakan untuk meningkatkan interaksi dan keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi efektivitas ice breaking dalam meningkatkan prestasi belajar siswa kelas II di Sekolah Dasar. Latar Belakang Prestasi belajar siswa merupakan salah satu indikator keberhasilan pendidikan. Namun, tidak semua siswa mampu mencapai prestasi belajar yang optimal. Beberapa faktor yang dapat mempengaruhi prestasi belajar siswa antara lain motivasi, keterlibatan, dan interaksi dalam proses pembelajaran. Ice breaking dapat menjadi salah satu metode yang efektif untuk meningkatkan interaksi dan keterlibatan siswa dalam pembelajaran. Metode Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan teknik observasi dan wawancara. Sampel penelitian terdiri dari 30 siswa kelas II di Sekolah Dasar X. Ice breaking dilakukan pada awal setiap sesi pembelajaran selama satu bulan. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan metode analisis kualitatif. Hasil Hasil penelitian menunjukkan bahwa ice breaking efektif dalam meningkatkan prestasi belajar siswa kelas II di Sekolah Dasar. Interaksi antara siswa meningkat setelah melakukan ice breaking, sehingga siswa lebih aktif dalam proses pembelajaran. Selain itu, siswa juga lebih termotivasi untuk belajar dan lebih berani berpartisipasi dalam diskusi kelas. Diskusi Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ice breaking dapat menjadi metode yang efektif dalam meningkatkan prestasi belajar siswa. Dengan adanya interaksi yang lebih baik antara siswa, proses pembelajaran menjadi lebih menyenangkan dan siswa lebih termotivasi untuk belajar. Oleh karena itu, ice breaking dapat dijadikan sebagai salah satu strategi yang dapat digunakan oleh guru dalam meningkatkan prestasi belajar siswa. Kesimpulan Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa ice breaking efektif dalam meningkatkan prestasi belajar siswa kelas II di Sekolah Dasar. Metode ini dapat meningkatkan interaksi dan keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu, disarankan bagi guru untuk menggunakan ice breaking sebagai salah satu strategi dalam pembelajaran untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. Kata Kunci: ice breaking, prestasi belajar, siswa kelas II, Sekolah Dasar