Pengalaman Melaksanakan Praktik Pembelajaran Terbimbing di Kelas 8B
Selama melaksanakan kegiatan praktik pembelajaran terbimbing (PPL) pada mata kuliah PPL I, saya memiliki pengalaman yang berharga di kelas 8B. Dalam artikel ini, saya akan merefleksikan pengalaman saya dan menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan. Pertanyaan pertama yang akan saya jawab adalah apakah latar belakang semua peserta didik di kelas 8B sama? Dalam kelas ini, saya menemukan bahwa latar belakang peserta didik sangat beragam. Ada siswa yang berasal dari keluarga dengan latar belakang ekonomi yang kuat, sementara ada juga siswa yang berasal dari keluarga dengan latar belakang ekonomi yang kurang mampu. Selain itu, ada juga siswa dengan berbagai tingkat kemampuan akademik dan minat yang berbeda-beda. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa latar belakang semua peserta didik di kelas 8B tidak sama. Dalam menghadapi perbedaan latar belakang ini, saya belajar untuk menjadi lebih fleksibel dan responsif dalam merencanakan dan melaksanakan pembelajaran. Saya menyadari bahwa setiap siswa memiliki kebutuhan dan potensi yang berbeda, dan sebagai seorang pendidik, tugas saya adalah untuk memastikan bahwa semua siswa mendapatkan kesempatan yang sama untuk belajar dan berkembang. Saya menggunakan berbagai strategi pembelajaran yang berbeda untuk memenuhi kebutuhan individu siswa, seperti penggunaan media pembelajaran yang beragam, pengaturan kelompok kerja, dan pemberian tugas yang sesuai dengan minat dan kemampuan siswa. Selain itu, saya juga belajar untuk menjadi lebih terbuka dan mendengarkan dengan baik. Saya mengadakan diskusi dan refleksi bersama siswa untuk mendapatkan masukan dan umpan balik tentang pembelajaran yang telah dilakukan. Saya menyadari bahwa siswa memiliki perspektif dan pengalaman yang berbeda, dan dengan mendengarkan mereka, saya dapat memperbaiki dan meningkatkan praktik pembelajaran saya. Secara keseluruhan, pengalaman saya selama melaksanakan praktik pembelajaran terbimbing di kelas 8B sangat berharga. Saya belajar untuk menjadi lebih fleksibel, responsif, terbuka, dan mendengarkan dengan baik. Saya yakin bahwa pengalaman ini akan membantu saya menjadi seorang pendidik yang lebih baik di masa depan. Dalam artikel ini, saya telah merefleksikan pengalaman saya selama melaksanakan praktik pembelajaran terbimbing di kelas 8B. Saya menjawab pertanyaan tentang latar belakang peserta didik dan bagaimana saya menghadapinya. Pengalaman ini telah memberi saya wawasan dan pembelajaran yang berharga dalam mengajar dan mendidik siswa.