Jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dalam Meningkatkan Prestasi dan Minat Belajar Sisw
Pendahuluan: Penelitian Tindakan Kelas (PTK) adalah jenis penelitian yang dilakukan oleh guru untuk meningkatkan prestasi dan minat belajar siswa. PTK dilakukan di SMA Negeri 6 Yogyakarta dengan melibatkan 25 siswa kelas XI. Penelitian ini menggunakan model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM). Bagian: ① Latar Belakang: PTK dipilih karena guru adalah pihak yang paling mengetahui tentang keadaan siswa. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan prestasi dan minat belajar siswa terhadap mata pelajaran Sejarah. ② Metode Penelitian: PTK dilaksanakan selama satu bulan, mulai bulan April hingga Mei 2016. Metode ini melibatkan guru sebagai peneliti dan siswa sebagai subjek penelitian. ③ Proses Pelaksanaan: Jadwal kegiatan penelitian mencakup kumpul siswa, pembukaan, sambutan dari ketua panitia, pembina OSIS, dan kepala sekolah, serta acara Pensi 2016. Kesimpulan: Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) dapat meningkatkan prestasi dan minat belajar siswa terhadap mata pelajaran Sejarah. PTK ini dilaksanakan di SMA Negeri 6 Yogyakarta dengan melibatkan 25 siswa kelas XI.