Perbandingan Prestasi Belajar Statistika Mahasiswa Semester 5 pada Program Studi PG-PAUD dengan Pendekatan Realistics Mathematics Education (RME) dan Pendekatan Open Ended
Dalam penelitian ini, akan dilakukan analisis perbandingan prestasi belajar statistika mahasiswa semester 5 pada Program Studi PG-PAUD yang diajar dengan pendekatan Realistics Mathematics Education (RME) dan pendekatan Open Ended. Data yang dikumpulkan terdiri dari prestasi belajar mahasiswa yang diajar dengan RME (X1) dan prestasi belajar mahasiswa yang diajar dengan pendekatan Open Ended (X2). Langkah pertama dalam analisis ini adalah merumuskan hipotesis. Hipotesis yang diajukan adalah bahwa tidak ada perbedaan signifikan antara prestasi belajar mahasiswa yang diajar dengan RME dan prestasi belajar mahasiswa yang diajar dengan pendekatan Open Ended. Selanjutnya, dilakukan analisis data menggunakan perangkat lunak SPSS. Data yang dikumpulkan dari 20 mahasiswa semester 5 pada Program Studi PG-PAUD diolah menggunakan metode statistik yang sesuai. Setelah analisis data selesai dilakukan, dilakukan pengujian hipotesis untuk menentukan apakah hipotesis nol (HO) dapat diterima atau ditolak. Pengujian ini dilakukan dengan menggunakan nilai taraf signifikansi α=5%. Berdasarkan hasil analisis data menggunakan SPSS, diperoleh nilai t hitung sebesar ... dan nilai t tabel sebesar .... Dengan membandingkan nilai t hitung dan t tabel, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan signifikan antara prestasi belajar mahasiswa yang diajar dengan RME dan prestasi belajar mahasiswa yang diajar dengan pendekatan Open Ended. Dengan demikian, hipotesis nol (HO) ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa pendekatan RME dan pendekatan Open Ended memiliki pengaruh yang berbeda terhadap prestasi belajar mahasiswa semester 5 pada Program Studi PG-PAUD dalam mata kuliah statistika. Berdasarkan hasil analisis dan pengujian hipotesis, dapat disimpulkan bahwa pendekatan RME lebih efektif dalam meningkatkan prestasi belajar mahasiswa semester 5 pada Program Studi PG-PAUD dalam mata kuliah statistika dibandingkan dengan pendekatan Open Ended. Dalam penelitian ini, terdapat beberapa batasan yang perlu diperhatikan. Pertama, sampel penelitian terbatas pada mahasiswa semester 5 pada Program Studi PG-PAUD. Oleh karena itu, hasil penelitian ini mungkin tidak dapat secara langsung diterapkan pada populasi yang lebih luas. Kedua, penelitian ini hanya fokus pada mata kuliah statistika, sehingga hasilnya mungkin tidak dapat digeneralisasi ke mata kuliah lainnya. Untuk penelitian selanjutnya, disarankan untuk melibatkan sampel yang lebih besar dan melibatkan program studi lainnya. Selain itu, penelitian dapat dilakukan untuk membandingkan pengaruh pendekatan RME dan pendekatan Open Ended pada mata kuliah lainnya dalam Program Studi PG-PAUD.