Perbedaan Prestasi Belajar Statistika Mahasiswa Semester 5 pada Program Studi PG-PAUD dengan Pendekatan Realistics Mathematics Education (RME) dan Pendekatan Open Ended
Pada penelitian ini, akan dilakukan analisis untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan prestasi belajar statistika mahasiswa semester 5 pada Program Studi PG-PAUD yang diajar dengan pendekatan Realistics Mathematics Education (RME) dan pendekatan Open Ended. Data yang dikumpulkan terdiri dari prestasi belajar mahasiswa yang diajar dengan RME (X1) dan prestasi belajar mahasiswa yang diajar dengan pendekatan Open Ended (X2). Langkah pertama dalam analisis ini adalah merumuskan hipotesis. Hipotesis yang diajukan adalah bahwa tidak ada perbedaan signifikan dalam prestasi belajar statistika mahasiswa semester 5 antara yang diajar dengan RME dan yang diajar dengan pendekatan Open Ended. Selanjutnya, dilakukan analisis data menggunakan perangkat lunak SPSS. Data yang dikumpulkan dari 20 mahasiswa semester 5 pada Program Studi PG-PAUD disajikan dalam tabel berikut: \begin{tabular}{|r|r|r|} \hline N & Prestasi belajar yang diajar dengan RME (X1) & Prestasi belajar yang diajar dengan Open Ended (X2) \\ \hline 1 & 90 & 75 \\ \hline 2 & 85 & 65 \\ \hline 3 & 65 & \( \mathrm{X} \) \\ \hline 4 & 30 & 80 \\ \hline 5 & \( \mathrm{X} \) & 75 \\ \hline 6 & 75 & 75 \\ \hline 7 & 85 & 80 \\ \hline 8 & 80 & 90 \\ \hline 9 & 60 & 50 \\ \hline 10 & \( \mathrm{X} \) & 65 \\ \hline 11 & 70 & 75 \\ \hline 12 & 95 & 80 \\ \hline 13 & 90 & \( \mathrm{X} \) \\ \hline 14 & 85 & 75 \\ \hline 15 & 75 & 80 \\ \hline 16 & 80 & 75 \\ \hline 17 & 60 & \( \mathrm{X} \) \\ \hline 18 & \( \mathrm{X} \) & 75 \\ \hline 19 & 60 & 80 \\ \hline 20 & \( \mathrm{X} \) & 90 \\ \hline \end{tabular} Setelah melakukan analisis dengan menggunakan SPSS, dilakukan pengujian hipotesis untuk menentukan apakah akan menolak atau menerima hipotesis nol (HO). Jika hasil pengujian menunjukkan nilai p-value lebih kecil dari tingkat signifikansi \( \alpha \) yang ditentukan (dalam hal ini \( \alpha = 5\% \)), maka hipotesis nol akan ditolak, yang berarti terdapat perbedaan prestasi belajar yang signifikan antara kedua pendekatan. Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan prestasi belajar statistika mahasiswa semester 5 pada Program Studi PG-PAUD antara yang diajar dengan pendekatan RME dan pendekatan Open Ended.