Tiga Tipe Pembelajaran dalam Kurikulum Merdek

essays-star 4 (236 suara)

Kurikulum Merdeka adalah sebuah pendekatan pembelajaran yang memberikan kebebasan kepada guru untuk menentukan perangkat ajar yang sesuai dengan kompetensi peserta didik. Dalam kurikulum ini, terdapat tiga tipe pembelajaran yang dapat diterapkan, yaitu pembelajaran intrakurikuler, pembelajaran kokurikuler, dan pembelajaran ekstrakurikuler. Pertama, pembelajaran intrakurikuler adalah tipe pembelajaran yang memberikan kebebasan kepada guru untuk menentukan perangkat ajar yang sesuai dengan kompetensi peserta didik. Dalam pembelajaran ini, guru dapat mengadaptasi materi pembelajaran yang ada agar sesuai dengan kebutuhan dan minat peserta didik. Hal ini memungkinkan peserta didik untuk belajar dengan cara yang lebih menarik dan relevan dengan kehidupan sehari-hari. Kedua, pembelajaran kokurikuler adalah tipe pembelajaran yang berorientasi pada penguatan Profil Pelajar Pancasila sebagai wujud pengembangan karakter peserta didik. Dalam pembelajaran ini, peserta didik akan diajak untuk mengembangkan nilai-nilai Pancasila melalui kegiatan di luar jam pelajaran. Misalnya, peserta didik dapat mengikuti kegiatan ekstrakurikuler yang berfokus pada pengembangan kepemimpinan, keterampilan sosial, atau kegiatan keagamaan. Ketiga, pembelajaran ekstrakurikuler adalah tipe pembelajaran yang merupakan tambahan yang bisa dipilih sesuai dengan minat dan bakat peserta didik. Dalam pembelajaran ini, peserta didik memiliki kebebasan untuk memilih kegiatan ekstrakurikuler yang sesuai dengan minat dan bakat mereka. Misalnya, peserta didik dapat memilih untuk mengikuti klub olahraga, klub musik, atau klub seni. Dengan adanya tiga tipe pembelajaran ini dalam Kurikulum Merdeka, diharapkan peserta didik dapat belajar dengan lebih bermakna dan sesuai dengan minat dan bakat mereka. Pembelajaran intrakurikuler memberikan fleksibilitas kepada guru untuk menyesuaikan materi pembelajaran dengan kebutuhan peserta didik. Pembelajaran kokurikuler membantu dalam pengembangan karakter peserta didik melalui kegiatan di luar jam pelajaran. Sedangkan pembelajaran ekstrakurikuler memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengembangkan minat dan bakat mereka. Dengan demikian, Kurikulum Merdeka dapat menjadi landasan yang kuat dalam menciptakan generasi yang berkualitas dan memiliki potensi yang maksimal.