Menggali Konsep Pecahan Melalui Permainan Domino **
** Sebagai seorang guru, saya selalu mencari cara untuk membuat pembelajaran lebih menarik dan bermakna bagi siswa. Salah satu strategi pembelajaran induktif yang pernah saya terapkan adalah dengan menggunakan permainan domino untuk mengajarkan konsep pecahan. Pada awalnya, saya meminta siswa untuk bermain domino seperti biasa. Namun, setelah beberapa putaran, saya mulai mengajukan pertanyaan yang mengarahkan mereka untuk berpikir tentang pecahan. Misalnya, saya bertanya, "Berapa banyak titik pada domino ini?" dan "Berapa banyak titik pada domino ini dibandingkan dengan total titik pada semua domino?" Pertanyaan-pertanyaan ini mendorong siswa untuk melihat domino sebagai representasi dari pecahan. Mereka mulai memahami bahwa setiap domino mewakili bagian dari keseluruhan, dan mereka dapat membandingkan bagian-bagian tersebut. Setelah beberapa sesi bermain domino, saya mulai memperkenalkan istilah-istilah seperti "pembilang" dan "penyebut". Saya juga menggunakan gambar dan diagram untuk memperjelas konsep pecahan. Strategi ini terbukti efektif karena siswa belajar dengan cara yang menyenangkan dan interaktif. Mereka tidak hanya memahami konsep pecahan, tetapi juga mengembangkan kemampuan berpikir kritis dan memecahkan masalah. Pengalaman ini mengajarkan saya bahwa pembelajaran induktif dapat menjadi alat yang ampuh untuk membantu siswa membangun pemahaman yang mendalam tentang konsep matematika. Dengan menggunakan permainan dan aktivitas yang menarik, kita dapat membuat pembelajaran lebih bermakna dan menyenangkan bagi siswa.