Penyebaran Islam di Nusantara melalui Jalur Perdagangan

essays-star 3 (199 suara)

Penyebaran Islam di Nusantara memiliki sambutan yang baik dari berbagai kalangan masyarakat, baik raja, bangsawan, maupun rakyat biasa. Hal ini didukung oleh beberapa faktor, salah satunya adalah penyebaran agama Islam melalui jalur perdagangan. Perdagangan merupakan metode penyebaran Islam yang paling kentara, bahkan dapat dikatakan sebagai jalur pertama dan utama penyebaran awal Islam di Nusantara. Menurut Tome Pires, sekitar abad VII sampai abad XVI, lalu lintas perdagangan yang melalui Nusantara sangat ramai. Dalam proses ini, pedagang Nusantara dan pedagang asing yang berasal dari Gujarat, Timur Tengah (Arab dan Persia) bertemu dan saling bertukar pengaruh. Para pedagang asing yang datang ke Nusantara ini tinggal di wilayah dekat pantai yang disebut pekojan. Lama-lama jumlah mereka semakin banyak, demikian juga pengaruh Islam di tempat tinggal mereka. Hal ini juga menjelaskan mengapa kerajaan-kerajaan Islam Nusantara, seperti Bone, Banjar, Banten, Demak, Cirebon, Samudra Pasai, Ternate, Tidore, Bacan, Jailolo, Hitu, dan Deli selalu berawal dari wilayah pesisir. Para pedagang tersebut menjalin kontak dengan para adipati wilayah pesisir dan perlahan-lahan masuk ke lingkaran pusat istana. Ketika raja-raja dan para bangsawan memeluk Islam, rakyatnya dengan mudah mengikuti jejak mereka. Islam sangat mudah diterima oleh masyarakat Nusantara, terutama yang berasal dari golongan bawah secara ekonomi dan sosial. Agama ini tidak mengenal pelapisan sosial seperti halnya agama Hindu dengan sistem kastanya. Penyebaran Islam yang berlangsung damai di Nusantara dapat terlihat dari cara-cara penyebarannya, yaitu melalui saluran perdagangan, pedagang, mubalig, wali, ahli tasawuf, guru agama, perkawinan, ajaran tasawuf, dakwah, dan haji. Semua faktor ini berperan penting dalam proses penyebaran Islam di Nusantara. Dengan demikian, penyebaran Islam di Nusantara melalui jalur perdagangan memiliki peran yang signifikan dalam menyebarkan agama ini ke berbagai kalangan masyarakat. Melalui kontak dengan pedagang asing, pengaruh Islam semakin kuat dan akhirnya diterima oleh raja, bangsawan, dan rakyat Nusantara. Penyebaran Islam yang damai ini juga menjadikan agama ini mudah diterima oleh masyarakat Nusantara, terutama yang berasal dari golongan bawah secara ekonomi dan sosial.