Pentingnya Mendistribusikan Program di Media Sosial untuk Mengatasi Penyebaran Hoaks dalam Pemilihan Presiden 2024
Penyebaran informasi bohong (hoaks) diperkirakan meningkat mendekati hari H Pemilihan Presiden 2024. Menurut data Mafindo, sejak Januari hingga September 2023, ditemukan 1731 hoaks yang 54 persennya terkait dengan isu politik. Jumlah ini melampaui sebaran hoaks pada tahun lalu, yang mencapai 1608 informasi bohong. Salah satu penyebab masih beredarnya hoaks adalah minimnya program yang ditawarkan oleh kandidat. Ketika program-program tidak mendominasi ruang kosong di media sosial, otomatis ruang tersebut akan terisi dengan hal-hal yang acak-adut, fitnah terhadap calon presiden dan wakil presiden, serta kampanye-kampanye hitam yang merugikan kandidat. Jika hal ini terjadi, situasi kampanye tidak akan kondusif dan dapat mengancam persatuan dan kesatuan bangsa. Oleh karena itu, sangat dianjurkan pada era digital ini, para calon presiden dan wakil presiden menggunakan media sosial untuk mendistribusikan program-program mereka. Hal ini tidak hanya untuk menghantam hoaks dalam pemilu, tetapi juga untuk meyakinkan pendukung bahwa untuk mencapai Indonesia yang baik, unggul, dan hebat, diperlukan program-program yang bagus. Program-program ini dapat diperdebatkan di media sosial, tanpa harus adu eriak-teriak di lapangan atau di gedung. Dalam era di mana orang lebih banyak hidup dalam kultur layar dan menghabiskan sebagian besar waktunya di depan layar, berdebat di media sosial menjadi pilihan yang baik. Hal ini akan mendorong publik untuk mengamati dan mencermati program-program yang disampaikan di media sosial. Oleh karena itu, program-program yang didistribusikan haruslah utama dan yang terbaik. Namun, program-program tersebut haruslah sudah bagus sejak di dalam pikiran. Para calon presiden dan wakil presiden tidak boleh menggunakan media sosial sebagai ruang pertikaian. Program-program harus mengajak publik untuk membangun bangsa dengan sebaik-baiknya, dan harus dihindari program-program yang justru menyerang pihak lain. Sebaiknya calon presiden dan wakil presiden segera mendistribusikan program-program yang berkaitan dengan hak asasi manusia, lingkungan hidup, ketahanan pangan, terorisme, dan hal-hal lain yang akan menjadi tema debat Pemilihan Presiden 2024. Dengan menjawab persoalan di media sosial dengan fasih, mereka juga akan mampu menjawab persoalan dalam debat sesungguhnya.