Menerapkan Pengetahuan Tahapan Perkembangan Peserta Didik dalam Mengatasi Masalah Keterbatasan Sosial pada Anak-Anak dan Remaj
Sebagai calon guru, memahami tahapan perkembangan peserta kunci untuk mendukung proses belajar mereka. Namun, yang lebih penting adalah kemampuan menerapkan pengetahuan ini dalam praktik sehari-hari. Artikel ini akan menguraikan kasus seorang anak berusia 10 tahun yang mengalami keterbatasan sosial dan bagaimana pendek tepat dapat membantu mengatasi masalah tersebut. Anak tersebut menunjukkan perilaku menarik diraksi sosial, yang merupakan ciri khas dari tahap perkembangan pra-operasional menurut teori Jean Piaget. Pada usia ini, anak-anak cenderung berpikir secara egosentris sepenuhnya memahami perspektif orang lain. Oleh karena itu, pendekatan yang efektif adalah dengan memberikan dukungan emosional dan memfasilitasi interaksi sosial yang aman dan mendukung. Salah satu metode yang dapat digunakan adalah terapi bermain, yang memungkinkangekspresikan perasaannya melalui aktivitas yang menyenangkan dan tidak mengancam. Selain itu, penting untuk melibatkan dan guru dalam proses intervensi, sehingga anak merasa didukung dan dipahami. Dengan menerapkan prinsip-prinsip psikologi perkembangan, guru dapat membantuak dan remaja mengatasi tantangan sosial mereka, membangun kepercayaan diri, dan meningkatkan keterampilan sosial. Dengan demikian, mereka dapat berkembang menjadi individu yang lebih seimbang dan siap menghadapi tantangan masa depan.