**Pengaruh Strategi Inside Circle Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas III IPA di SD Inpres Kuanino 2** ##
Pendahuluan * Latar Belakang: * Menjelaskan tentang pentingnya strategi pembelajaran yang efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa. * Menyebutkan bahwa strategi Inside Circle merupakan salah satu strategi yang dapat diterapkan di kelas III IPA. * Menjelaskan tentang SD Inpres Kuanino 2 dan kondisi pembelajaran di sekolah tersebut. * Rumusan Masalah: * Apakah strategi Inside Circle berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas III IPA di SD Inpres Kuanino 2? * Tujuan Penelitian: * Untuk mengetahui pengaruh strategi Inside Circle terhadap hasil belajar siswa kelas III IPA di SD Inpres Kuanino 2. * Manfaat Penelitian: * Bagi siswa: Meningkatkan hasil belajar dan motivasi belajar. * Bagi guru: Memberikan alternatif strategi pembelajaran yang efektif. * Bagi sekolah: Meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah. Metode Penelitian * Desain Penelitian: * Menjelaskan desain penelitian yang digunakan, misalnya quasi-experimental design. * Populasi dan Sampel: * Menjelaskan populasi dan sampel penelitian, serta teknik pengambilan sampel. * Variabel Penelitian: * Menjelaskan variabel penelitian, yaitu variabel bebas (strategi Inside Circle) dan variabel terikat (hasil belajar siswa). * Teknik Pengumpulan Data: * Menjelaskan teknik pengumpulan data yang digunakan, misalnya tes, observasi, dan dokumentasi. * Teknik Analisis Data: * Menjelaskan teknik analisis data yang digunakan, misalnya uji t-test atau uji ANOVA. Hasil dan Pembahasan * Hasil Penelitian: * Menyajikan hasil penelitian secara deskriptif dan tabel. * Pembahasan: * Menginterpretasikan hasil penelitian dan menghubungkannya dengan teori dan penelitian terdahulu. * Menjelaskan pengaruh strategi Inside Circle terhadap hasil belajar siswa. Kesimpulan dan Saran * Kesimpulan: * Menyimpulkan hasil penelitian dan menjawab rumusan masalah. * Saran: * Memberikan saran berdasarkan hasil penelitian, misalnya saran untuk guru, sekolah, dan peneliti selanjutnya. Wawasan * Strategi Inside Circle dapat menjadi alternatif yang efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa. * Penting bagi guru untuk memilih strategi pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik siswa dan mata pelajaran. * Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi pengembangan pembelajaran di SD Inpres Kuanino 2 dan sekolah lainnya. Catatan: * Konten ini hanya sebagai contoh dan dapat diubah sesuai dengan kebutuhan. * Pastikan untuk melakukan penelitian dan pengumpulan data yang akurat sebelum menulis proposal. * Gunakan bahasa yang mudah dipahami dan hindari penggunaan jargon atau istilah teknis yang tidak umum.