Implementasi Penilaian Teknik Nontes dalam Pembelajaran MMP: Meningkatkan Efektivitas Pengajaran
Pembelajaran Mengajar Matematika Profesional (MMP) adalah pendekatan yang efektif untuk meningkatkan keterampilan mengajar matematika bagi guru. Salah satu aspek penting dari MMP adalah implementasi penilaian teknik nontes. Penilaian teknik nontes adalah proses yang melibatkan pengumpulan data dan informasi tentang keterampilan mengajar guru tanpa menggunakan tes tertulis. Ini memungkinkan guru untuk menilai kemampuan mereka secara lebih holistik dan berfokus pada praktik sebenarnya di kelas.
Ada beberapa cara yang dapat digunakan untuk implementasi penilaian teknik nontes dalam pembelajaran MMP. Berikut adalah lima cara yang dapat dilakukan:
1. Observasi Kelas: Observasi kelas adalah metode penilaian yang melibatkan pengamatan langsung terhadap proses mengajar guru. Observator dapat menilai berbagai aspek seperti pemilihan materi, penggunaan strategi pengajaran, interaksi dengan siswa, dan sebagainya. Observasi ini memberikan wawasan yang mendalam tentang kekuatan dan kelemahan guru dalam mengajar matematika.
2. Wawancara: Wawancara adalah metode penilaian yang melibatkan pertanyaan terbuka kepada guru tentang praktik mengajarnya, pendekatan pengajaran matematika, dan tantangan yang dihadapi di kelas. Wawancara ini memungkinkan guru untuk menjelaskan pemikiran mereka secara mendalam dan memberikan wawasan tentang bagaimana mereka menghadapi tantangan tertentu.
3. Portofolio Guru: Portofolio guru adalah koleksi dokumen yang mencakup contoh-contoh kerja keras guru dalam mengajar matematika. Ini bisa berupa contoh-contoh perencanaan pembelajaran, materi ajar, atau hasil kerja siswa. Portofolio ini memberikan gambaran menyeluruh tentang kemampuan dan komitmen guru terhadap pembelajaran matematika.
4. Peer Review: Peer review adalah