Analisis Modus Berat Badan Siswa di Satu Kelas SMA

essays-star 4 (152 suara)

Modus adalah salah satu ukuran pemusatan data yang penting dalam statistik. Dalam konteks ini, kita akan menganalisis modus dari data berat badan siswa di satu kelas SMA. Data yang diberikan telah dikelompokkan dalam rentang berat badan dan frekuensi masing-masing rentang. Berikut adalah tabel yang menunjukkan rentang berat badan dan frekuensi siswa dalam rentang tersebut: \begin{tabular}{|c|c|c|} \hline No & Rentang Berat Badan & Frekuensi \\ \hline 1 & 50-54 & 6 \\ \hline 2 & 55-59 & 12 \\ \hline 3 & 60-64 & 20 \\ \hline 4 & 65-69 & 8 \\ \hline 5 & 70-74 & 4 \\ \hline \end{tabular} Dari tabel di atas, kita dapat melihat bahwa rentang berat badan dengan frekuensi tertinggi adalah 60-64, dengan frekuensi sebanyak 20 siswa. Oleh karena itu, modus dari data berat badan siswa di kelas ini adalah 60-64. Selain itu, kita juga dapat menggunakan metode lain untuk mencari modus. Misalnya, kita dapat menggunakan metode modus interval dengan menggunakan rumus \( L + \frac{h(f_1 - f_0)}{(2f_1 - f_0 - f_2)} \), di mana \( L \) adalah batas bawah rentang modus, \( h \) adalah lebar rentang, \( f_0 \) adalah frekuensi sebelumnya, \( f_1 \) adalah frekuensi modus, dan \( f_2 \) adalah frekuensi setelahnya. Dalam kasus ini, kita dapat menggunakan rentang 60-64 sebagai rentang modus. Dengan menggunakan rumus di atas, kita dapat menghitung modus interval sebagai berikut: \( L = 60 \) (batas bawah rentang modus) \( h = 5 \) (lebar rentang) \( f_0 = 12 \) (frekuensi sebelumnya) \( f_1 = 20 \) (frekuensi modus) \( f_2 = 8 \) (frekuensi setelahnya) Menggantikan nilai-nilai ini ke dalam rumus, kita dapat menghitung modus interval: \( 60 + \frac{5(20 - 12)}{(2(20) - 12 - 8)} = 61,25 \) Jadi, modus interval dari data berat badan siswa di kelas ini adalah 61,25. Dalam analisis ini, kita juga dapat menggunakan metode lain untuk mencari modus, seperti menggunakan metode modus kelas atau modus tunggal. Namun, untuk kasus ini, metode modus interval sudah cukup untuk mengidentifikasi modus dari data berat badan siswa di kelas ini. Dengan demikian, berdasarkan data yang diberikan, modus dari berat badan siswa di satu kelas SMA ini adalah 60-64. Selain itu, menggunakan metode modus interval, modus interval dari data ini adalah 61,25.