Manfaat Sekolah Inklusi bagi Peserta Didik Beruhan Khusus

essays-star 4 (253 suara)

Sekolah inklusi adalah sekolah yangempatan belajar yang sama bagi setiap peserta didik, termasuk mereka yang berkebutuhan khusus (Anak Berkebutuhan Khusus, ABK). Di sekolah inklusi, semua peserta didik mendapat respek yang sama dari guru dan materi pelajaran yang sama. Perbedaannya, peserta didik berkebutuhan khusus memiliki guru pendamping khusus di kelas. Pendidikan inklusi adalah metode pendidikan bagi ABK yang direkomendasikan oleh Organisasi Kesehatan Perserikatan Bangsa-Bangsa (WHO). Di Korea Selatan, bibit pendidikan ABK dimulai pada tahun 1998. Ada beberapa keistimewaan dari sekolah inklusi, antara lain pembelajarannya bersifat kolaboratif dan ada kerja sama antara seluruh peserta kelas, mulai dari guru kelas, guru pendamping khusus, dan seluruh peserta didik untuk mewujudkan kesuksesan pembelajaran. Keistimewaan lainnya adalah muncul pandangan bahwa peserta didik berkebutuhan khusus sesungguhnya juga memiliki kebutuhan yang sama dengan peserta didik lainnya sehingga mereka tidak lagi dianggap berbeda. Peserta didik biasa di sekolah inklusi akan terbiasa melibatkan peserta didik berkebutuhan khusus dalam setiap kegiatan mereka. Lama-kelamaan tidak ada lagi perbedaan antara peserta didik berkebutuhan khusus dan peserta didik biasa. Namun, tidak semua sekolah dapat menjadi sekolah inklusi. Ada beberapa syarat yang harus dipenuhi sebuah sekolah inklusi, diantaranya ada keterbukaan pemikiran seluruh penyelenggara sekolah, ada fasilitas yang mendukung peserta didik berkebutuhan khusus, dan ketersediaan guru pendamping (service teacher) yang sudah dibekali keterampilan mengawasi menu makanan, memastikan ABK mengonsumsi obat-obatannya tepat waktu, dan mampu menangani ABK yang menangis dan berteriak-teriak di kelas. Menurut Jia Song, ABK yang mengalami intellectual disability (ketidakmampuan intelektual) juga diikutsertakan di kelas. Oleh sebab itu, untuk menyusun kurikulum pembelajaran, orang tua, psikolog anak, dan guru selalu diikutsertakan. Selain itu, Joko Yuwono, dan pemerhati pendidikan inklusi dari Universitas Ageng Tirtayasa Serang, mengatakan bahwa pendidikan inklusi sudah diatur dalam Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 70 Tahun 2000. Aturan itu menuntukan bahwa sekolah harus menyediakan fasilitas dan layanan yang memadai bagi ABK. Dengan demikian, sekolah inklusi memberikan manfaat yang signifikan bagi peserta didik berkebutuhan khusus. Mereka tidak hanya mendapatkan kesempatan belajar yang sama dengan peserta didik lainnya, tetapi juga terbiasa melibatkan ABK dalam setiap kegiatan mereka. Hal ini membantu mengurangi stigma dan diskriminasi terhadap ABK, serta membangun lingkungan yang inklusif dan ramah bagi semua peserta didik.