Dampak Modernisasi Kota Makassar terhadap Ruang Publik dan Masyarakat
Pendahuluan Sejak awal abad ke-20, Makassar mengalami transformasi menjadi kota modern ala Hindia Belanda. Perkembangan ini mencerminkan modernisasi yang diyakini mampu menyelesaikan permasalahan masa depan dan mendorong pertumbuhan masyarakat industri. Namun, modernisasi tidak luput dari sisi mengecewakan. Relasi antara ruang kota, masyarakat, dan lingkungan dalam konteks modernitas menunjukkan ketimpangan dan ironi yang terus bersanding. Ruang kota menjadi cerminan paling jelas dari kontradiksi ini. Modernisasi sebagai proses perubahan sosial yang ditandai dengan kemajuan teknologi, industrialisasi, dan rasionalisasi seringkali dipandang sebagai faktor pendorong utama urbanisasi. Namun, Lefebvre berpendapat bahwa urbanisme, yang merupakan produk modernisasi, bukan hanya proses fisik, tetapi juga sebuah dorongan ideologi yang menyembunyikan mitos teknologi di dalamnya. Ideologi ini menjanjikan kemajuan dan kemakmuran, namun dalam kenyataannya dapat menciptakan ketimpangan akibat eksploitasi sumber daya alam dan manusia. Modernisasi di Makassar membawa kemajuan infrastruktur dan ekonomi, namun tidak luput dari kritik. Pembangunan infrastruktur modern sering kali menggusur komunitas lokal dan mempersempit ruang publik. Hal ini sejalan dengan temuan dalam studi tentang ruang kota di Makassar. Modernisasi ini terinspirasi dari Eropa yang memisahkan ruang publik dan privat, namun mengabaikan masyarakat miskin. Sejak masa kolonial Belanda, usaha menuju kota modern dimulai dengan penataan dan produksi ruang, memadukan unsur baru dan lama, lokal dan luar. Proyek modernisasi pertama adalah perumahan "Ujung Pandang Baru" atau "Ujung Pandang Plan" tahun 1970. Tahun 1970-an menjadi titik tolak perluasan kota menjadi 215 km2, proyek pembangunan ini bertujuan untuk mentransformasikan Makassar menjadi kota modern. Pada awalnya, transformasi Kota Makassar difokuskan pada bagian tepi barat. Penataan kota modern di bagian barat Makassar terus berlanjut dan memberikan dampak nyata bagi masyarakat, salah satunya adalah pembangunan kota baru bernama Center Point of Indonesia (CPI) pada tahun 2013. Pada penelitian yang dilakukan, pembangunan Center Point of Indonesia (CPI) di Makassar menunjukkan dampak ekologis dan sosial yang signifikan. Alih fungsi lahan pesisir dan reklamasi area seluas 157,23 hektar berakibat pada abrasi, sedimentasi, dan penurunan kualitas air laut. Di sisi sosial, penggusuran warga pesisir dan kesenjangan ekonomi akibat pembangunan kawasan elit menjadi kenyataan pahit dibalik gemerlapnya kota modern. Kasus CPI menjadi contoh penting untuk mengevaluasi kembali paradigma pembangunan kota modern. Kritik Henri Lefebvre terhadap konsep "kota modern" menjadi relevan dalam kasus ini. Lefebvre menekankan bahwa kota modern sering kali mengabaikan aspek sosial dan ekologis dan hanya berfokus pada pembangunan fisik dan ekonomi. Dalam studi kasus lainnya, terjadi pembangunan kota baru Tallasa City di bagian selatan Kota Makassar. Tallasa City seluas 700 ha menawarkan area Residential Premium yang baru dan berbeda dari pembangunan kota di Makassar. Tallasa City merupakan proyek baru dari FKS Land, anak perusahaan dari FKS Group sebagai bagian dari ekspansi grup dan diversifikasi bisnis grup. Kesimpulan: Dampak modernisasi kota Makassar terhadap ruang publik dan masyarakat tidak dapat diabaikan. Meskipun modernisasi membawa kemajuan infrastruktur dan ekonomi, namun juga men